Update Wabah Virus Corona 17/3/2020, Total 172 Kasus dengan 9 Orang Sembuh dan 5 Orang Meninggal Dunia

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan Virus Corona (Covid-19) kembali mengkonfirmasi tambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 38 orang.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto mengumumkan hingga Selasa (17/3/20) jumlah pasien positif virus corona mencapai 172 orang.

Ia mengatakan peningkatan terbanyak berasal dari DKI Jakarta. hal tersebut disampaikan Yuri ketika menghadiri konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa.

“Sebanyak 12 kasus didapatkan sejak Senin sore hingga malam. Sehingga, sampai 15 Maret 2020 ada 146 kasus. Jumlah ini bertambah setelah dengan hasil pemeriksaan spesimen yang dilakukan Balitbang Kesehatan. Jumlahnya dari data yang dicek saat itu bertambah 20 kasus. Sehingga total menjadi 172 kasus,” kata Yuri.

Penambahan tersebut diakui Yuri, terjadi di DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau. Yuri juga menyampaikan ada beberapa kasus positif korona yang berpotensi sembuh.

“Paling banyak DKI bahwa pintu gerbang masuk, di DKI besar mobilitas penduduk tinggi dan kemungkinan terjadinya kontak besar,” katanya.

Sejak tanggal 15 Maret hingga 17 Maret, total ada kenaikan 38 penambahan kasus baru. Yuri mengatakan dari 172 kasus tersebut dirinya menegaskan tidak ada penambahan korban meninggal dunia. “Kasus meninggal tetap lima orang,” tegasnya.

Dirinya mengungkapkan secara umum kondisi 38 pasien yangbaru saja dinyatakan positif Covid-19 dan tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sudah membaik.

“Dari awal sudah ada sembilan sembuh dan dinyatakan bisa pulang, dan ada beberapa orang yang menunggu pemeriksaan kedua,” tambahnya.

Meski begitu, dirinya tak menampik adanya kemungkinan jumlah pasien akan bertambah. Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan tracing hingga melakukan edukasi ke masyarakat,

“Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan, jika merasa melakukan kontak dengan kasus positif, segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit,” tambahnya.

Selain itu, Yuri menambahkan, pemerintah juga sudah mensosialisasikan ketentuan isolasi di rumah kepada masyarakat

“Isolasi rumah bukan sesuatu yang sulit, namun membutuhkan komitmen kuat dari pasien dan keluarga. Harus menggunakan masker, menjaga jarak,” tandasnya.

Sumber Berita
Trubus.id

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker