Mahasiswa Unhan RI Raih 4 Penghargaan dalam Kompetisi FAPERTA ke-5

Abadikini.com, BALI – Kadet Mahasiswa Program Studi Kimia Militer Fakultas MIPA Militer Universitas Pertahanan Republik Indonesia (FMIPAM Unhan RI) kembali menunjukkan prestasinya dengan meraih 4 penghargaan dalam Kompetisi Futuristics and Prestige Research (FAPERTA) ke-5 yang diselenggarakan oleh Universitas Dhyana Pura dan Sentosa Foundation di Bali.

Pada kompetisi ini, Program Studi Kimia FMIPAM Unhan RI mengirimkan tiga finalis yang terdiri dari dua tim dalam kategori Lingkungan dan satu tim dalam kategori Pangan. Kompetisi ini mengangkat tema pengembangan produk karbohidrat, di mana ketiga tim tersebut berhasil memperoleh tiga medali (emas, perak, dan perunggu) serta sebuah piala penghargaan.

Tim pertama, yang dipimpin oleh Sersan Mayor Dua Kadet Elda Pratita, mengembangkan produk karbohidrat berupa kitin dari kulit kerang untuk digunakan sebagai pelapisan baja kapal. Inovasi ini berhasil meraih penghargaan medali perunggu.

Tim kedua dalam kategori Lingkungan, diketuai oleh Mayor Satu M. Fathan dan diwakili oleh Sersan Imelda Olivia, Sersan Dea Dwi Ananda, Sersan Mayang Fauziah, dan Sersan Latisa S. Alivia, menciptakan kombinasi karbohidrat berupa kitosan dengan selulosa dari biji nangka. Produk ini, yang dinamakan “Biassanka”, berpotensi sebagai plastik biodegradable dan berhasil meraih medali perak.

Tim ketiga, yang diketuai oleh Sersan Kadet Dea Dwi Ananda dengan anggota Kopral Kadet Adinda Fadhila dan Kopral Kadet Briliyan Abroor, mengadaptasi materi kuliah Kemometri dan Analitik untuk mendeteksi adulterasi madu. Tim ini berhasil memperoleh dua penghargaan dalam kategori Pangan, yaitu medali emas dan predikat presentasi poster terfavorit.

Prestasi yang diraih oleh para kadet mahasiswa ini membuktikan kualitas dan keunggulan Program Studi Kimia Militer FMIPAM Unhan RI dalam mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Selamat kepada para pemenang!.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker