Kemenaker Kembali Gagalkan Pengiriman PMI Ilegal ke Dubai

Abadikini.com, JAKARTA – Setelah berhasil menggagalkan 64 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Kamis pekan lalu (15/12/22), jajaran Kementerian Tenaga Kerja bersama Dirjen Imigrasi kembali menggagalkan adanya proses penempatan CPMI ilegal ke Timur Tengah dengan tujuan ke Dubai Uni Emirat Arab, Selasa, (27/12/2022).

Para CPMI ilegal sebanyak 6 orang asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini berhasil di gagalkan keberangkatannya saat akan menuju Gate 8 Keberangkatan Internasional Bandara Soekarno Hatta menggunakan Maskapai Emirates EK 357. Mereka 1 bulan sebelumnya telah ditampung oleh P3MI secara ilegal di Jakarta.

Upaya pengamanan pun langsung dilakukan pihak Direktorat Jenderal Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan dibawah pimpinan Sub koordinator Pengawasan Norma Penempatan dan Pelatihan Rizki Nasution dan menyerahkannya pada pihak Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) guna proses lebih lanjut.

Terkait peristiwa penggagalan kesekian kalinya keberangkatan para CPMI yang akan dipekerjakan di luar negeri, Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor mengingatkan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) agar selalu menempatkan PMI secara prosedural, sehingga PMI mendapatkan jaminan perlindungan. Ia bahkan memperingatkan P3MI akan konsekuensi hukum yang akan diberikan jika tetap membandel.

“Saya pernah bilang kalo sanksinya itu kita akan berikan sanksi yang berat biar tidak mengulangi lagi, bila perlu cabut izinnya gitu perintah saya. Selama ini kan sanksinya hanya peringatan, menurut saya sih kalo ada data dua hingga 3 kali apa lagi sampai 4 kali ya kita cabut aja SIUPnya,” ujar Afriansyah Noor, Sabtu, (31/12/2022).

Soal keberadaan CPMI ilegal yang berhasil diamankan, Afriansyah Noor memastikan mereka akan diidentifikasi dan dipulangkan kembali ke tempat asal.

“Ya kalau dari kita kan sudah mendata kemudian mencatat semua, kemudian info yang saya dapatkan dari direktur saya pak Yuli Adiratna Direktur Bina Riksa Ketenagakerjaan mereka (PMI) sudah kita pulangkan ke daerah asal. Adapun teknisnya setiap CPMI yang kami amankan itu di dampingi sampai Dinas Kabupaten Kota masing-masing daerah asal,” tegas Sekjen Partai Bulan Bintang itu.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker