Bupati Simeulue Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Abadikini.com, JAKARTA – Bupati Simeulue Erli Hasim bersama dengan unsur FORKOPIMDA Simeulue, para Asisten ikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tepatnya diruang vidcon pendopo Bupati (01/102021).

Kader partai Bulan Bintang itu nampak sangat antusias mengikuti Upacara tersebut. Peringatan hari kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur dan diikuti oleh seluruh kepala daerah dan unsur FORKOPIMDA Kabupaten/kota yang ada di Indonesia secara virtual.

Tentunya upacara yang dilaksanakan tahun ini diikuti secara virtual oleh kepala daerah serta Unsur FORKOPIMDA Kabupaten/Kota dari daerahnya masing-masing sesuai dengan surat Menteri Pendidikan Republik Indonesia.

Bertindak sebagai inspektur upacara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko widodo dan langsung dari istana kepresidenan Jakarta pusat.

Hadir pula Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi Ibu Wakil Presiden Wuri Ma’ruf Amin. Mengawali upacara, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi.

“Untuk mengenang jasa pahlawan dan pejuang bangsa, utamanya pahlawan-pahlawan revoluasi, mengheningkan cipta dimulai,” ujar Jokowi mengawali sambutannya.

Setelahnya, dilakukan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti. Kemudian dilakukan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.
Adapun Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah ikrar.
Berikut ikrar yang dibacakan dan ditandatangani oleh Ketua DPR Puan Maharani:
“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.
Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,’ ungkap Puan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker