Melihat Lebih Dalam Manfaat Buah Pisang

Abadikini.com – Buah dengan warna kuning dan bentuk yang mencolok ini memang menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya yang enak, pisang juga menjadi favorit karena dapat memberikan rasa kenyang yang panjang sehingga banyak dikonsumsi para atlet dan seseorang yang sedang menjalani diet.

Buah dengan nama latin Musa paradisiaca ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti Potasium, Vitamin A, B6, dan C, Niacin dan masih banyak lagi. Pisang memiliki berbagai manfaat yang khasiatnya dapat dirasakan langsung pada tubuh, termasuk bagi organ pencernaan, kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

Berikut ini manfaat buah pisang lebih lengkapnya!
Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah pisang yang pertama untuk menurunkan tekanan darah. Seperti yang sudah diketahui, garam sebagai salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah. Nah, pisang dikenal memiliki kandungan garam yang rendah sehingga baik untuk tubuh. Selain itu kandungan potasium yang tinggi pada pisang akan membantu mengurangi tekanan darah pada tubuh.

Membantu pencernaan

Seperti buah lainnya, pisang juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, sehingga manfaat buah pisang ini bisa mengurangi risiko sembelit. Dengan pencernaan yang lancar, dapat membantu Anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, deh.

Mengurangi risiko kanker

Sebagai sumber vitamin C yang baik, tentunya pisang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan kanker. Kandungan serat yang tinggi dari buah pisang juga dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal yang menyerang usus besar, lho.

Kesehatan jantung

Kandungan serat, potassium, vitamin C dan B6 pada pisang dapat mendukung kesehatan jantung. Meningkatnya asupan kalium pada buah pisang seiring dengan penurunan sodium menjadi program diet yang paling ideal untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mengatasi diabetes

Studi telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan dengan serat tinggi dapat mengurangi kadar gula di dalam darah. Tidak hanya itu, 3 gram serat dari 1 buah pisang juga dapat mengembalikan kestabilan kadar gula darah, lemak dan insulin di dalam tubuh penderita diabetes 2.

Kesehatan ginjal

Manfaat buah pisang selanjutnya yaitu untuk kesehatan ginjal. Sebagai sumber potasium, pisang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Sebuah penelitian  menemukan bahwa memakan pisang 4-6 kali seminggu dapat menurunkan risiko terkena penyakit ginjal hingga 50% dibandingkan mereka yang tidak makan pisang.

Meningkatkan performa dalam berolahraga

Pisang sering kali disebut sebagai makanan para atlet. Sebab pisang mengandung mineral dan karbohidrat yang mudah dicerna. Selain itu, dengan memakan pisang dapat membuat atlet jauh dari cedera karena dapat mengurangi kram dan nyeri otot karena berolahraga, lho.

Meningkatkan sensitivitas insulin

Resistensi hormon insulin dalam menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh merupakan salah satu risiko kesehatan yang paling berbahaya, seperti penyakit diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 15-30 gram resistant starch dari buah pisang setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 33-50% dalam 4 minggu. Pisang mentah merupakan sumber resistant starch yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Menu diet

Manfaat buah pisang yang terakhir yaitu baik untuk menurunkan berat badan. Beragam menu diet yang ditampilkan membuat Anda bingung untuk memilih yang sesuai dengan selera. Sekadar saran, Anda bisa menjadikan pisang sebagai menu diet Anda, lho. Pisang sangat cocok menjadi tambahan menu sarapan seperti yogurt maupun sereal. Bagi yang suka membuat kue, bisa juga mengganti gula dengan buah ini agar kue Anda lebih sehat untuk dikonsumsi.

Itu dia beragam  manfaat buah pisang yang dapat Anda rasakan bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa selalu siapkan pisang di rumah Anda, ya!

Editor
Selly
Sumber Berita
Go Dok
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker