Jika Israel Didepak FIFA, Timnas U-23 Berpeluang Lolos Olimpiade 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 berpeluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 untuk menggantikan Timnas Israel U-23. Alasannya karena Israel saat ini berpeluang didepak dari FIFA usai rentetan aksi kejinya kepada Palestina.

Melansir Okezone Sabtu (18/5/2024)  Israel bisa tidak diperbolehkan tampil di kompetisi sepakbola mana pun yang berhubungan dengan FIFA, termasuk Olimpiade Paris 2024. Israel sendiri sudah lolos ke babak utama usai menjadi semifinalis Piala Eropa U-21 2023.

Israel lolos ke semifinal Piala Eropa U-21 2023 usai menumbangkan Georgia lewat adu penalti dengan skor 4-3 usai sebelumnya sama kuat 0-0 di waktu normal. Lalu Israel takluk di semifinal dari Inggris dengan skor telak 0-3.

Meski kalah di semifinal, Israel tetap berhak lolos ke Olimpiade Paris 2024 karena menjadi empat tim terbaik di ajang Piala Eropa U-21 2023 tersebut. Israel U-23 pun dipastikan tergabung di Grup D bersama Jepang, Paraguay, dan Mali dalam cabang olahraga (cabor) sepakbola putra Olimpiade Paris 2024.

Kendati demikian, Israel U-23 memiliki kans yang besar batal tampil karena FIFA akan melakukan rapat darurat membahas nasib negara tersebut sebagai anggota FIFA. Jika Israel benar-benar dicoret, maka Israel U-23 jelas takkan bermain di Olimpiade Paris 2024.

Timnas Indonesia U-23 bisa saja diuntungkan jika hal tersebut benar terjadi. Sebab Garuda Muda merupakan tim yang memperebutkan tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024 bersama Guinea U-23 di laga playoff.

Akan tetapi, kemungkinan besar FIFA akan memberikan slot Israel itu kepada wakil Eropa agar di Olimpiade Paris 2024 tetap ada empat wakil Eropa yang berpartisipasi. Toh wakil Asia di Olimpiade Paris 2024 juga sudah tiga, yakni Jepang, Uzbekistan, dan Irak.

Terlepas dari itu semua, harapannya FIFA benar-benar menghukum Israel. Sebab FIFA pun menghukum Rusia karena kasus yang sama, yakni penyerangan terhadap Ukraina.

Status keanggotaan Israel di FIFA mulai terancam karena Federasi Sepakbola Palestina (PFA) mengajukan proposal kepada Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Proposal itu diberikan saat kongres Tahunan FIFA berlangsung di Bangkok, Thailand.

Inti dari proposal itu adalah Presiden PFA, Jibril Rajoub meminta FIFA mengeluarkan Israel dari status anggota. Dari 211 anggota FIFA, 37 negara mengutuk serangan Israel kepada Palestina, khususnya di wilayah Gaza.

Karena itulah FIFA akan menggelar rapat darurat yang kemungkinan digelar pada 20 Juli 2024. Dari hasil rapat itulah nasib Israel bakal ditentukan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker