Brigjen Endar Priantoro Resmi Dilarang Masuk Bekerja di KPK

Abadikini.com, JAKARTA – Brigadir Jenderal Polisi Endar Priantoro resmi dilarang masuk ke Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepastian itu diketahui ketika jenderal bintang satu hendak ngantor pada Senin pagi (10/4/2023).

Endar tiba di Gedung Merah Putih pukul 08.30 WIB. Ia ma­sih memegang kartu identitas sebagai pegawai KPK.

Namun, kartu tersebut sudah tidak bisa digunakan untuk akses masuk gedung. Ia pun tertahan di lobby.

Sejumlah pegawai KPK tampak menemani Endar di depan gedung Merah Putih. Mereka kompak berpakaian kemeja putih seperti Endar. Mereka perwira Polri yang juga ditugaskan di KPK sebagai penyelidik maupun penyidik.

“Saya berusaha mencoba masuk seperti biasa, ternyata memang betul (tidak bisa),” kata Endar kepada wartawan di depan Gedung Merah Putih.

Lantaran dilarang masuk, Endar tidak bisa melaksanakan tugasnya. “Tidak (bisa) untuk masuk akses-akses pekerjaan yang lain,” ujarnya.

Endar memutuskan tetap datang ke Gedung Merah Putih untuk ngantor karena men­jalankan tugas. Meski pimpinan KPK telah memberhentikannya.

Endar beralasan mengantongi surat penugasan dari Kapolri untuk tetap bertugas sebagai Direktur Penyelidikan KPK

“Ya bagi saya selama saya masih ada perintah dari pimpinan Polri, dan masalah ini juga belum selesai secara hukum menurut saya, saya masih berhak di sini,” kata Endar.

Endar akan melapor ke pimpi­nan Polri bahwa telah hadir men­jalankan penugasan. “Walaupun tidak masuk ke ruangan ini, di gedung (KPK) ini,” katanya.

Endar terakhir bisa masuk kantor pada Kamis pekan lalu. Ia lalu diberitahu Kepala Biro Umum mengenai aksesnya di KPK akan diputus. Pemutusan itu atas perintah pimpinan KPK.

“Bahwa hari ini (Senin) akan dilakukan (pemutusan akses), dan tadi saya enggak bisa masuk, ternyata (sudah) off,” kata Endar.

Begitu tidak bisa masuk, Endar mencoba mengonfirmasi ke Biro Umum KPK. “Memang betul perintah pimpinan, saya sudah tidak diperkenankan lagi masuk sebagai pegawai KPK,” katanya.

Endar pun memutuskan fokus pada laporannya kepada Dewan Pengawas (Dewas). “Kan proses pengadilan saya di Dewas masih berjalan,” katanya.

KPK membuka pintu bagi Endar Priantoro untuk bisa kem­bali menduduki jabatan Direktur Penyelidikan.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pimpina Polri silakan kembali mengaju­kan Endar untuk posisi Direktur Penyelidikan KPK. Tetapi Endar tidak langsung diterima.

Menurutnya, Endar harus melalui proses seleksi agar bisa kembali menjabat Direktur Pe­nyelidikan di KPK. “Nanti kan tes, tidak otomatis diterima,” ujar Alex, Minggu (9/4/2023).

Alex memastikan proses seleksi akan berlangsung adil dan transparan. “Dari Polri kita minta tiga orang. Kalau Pak Endar diusulkan lagi silakan saja nggak masalah. Nanti kan ada dari jaksa juga. Dia akan memasukkan juga,” kata Alex

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker