Bupati Ruksamin Terus Genjot Pertumbuhan Ekonomi Konawe Utara

Abadikini.com, KONUT – Kementrian Perdagangan RI mengalokasikan dana tugas perbantuan (TP) 2022 ke Pemkab Konawe Utara. Dana tersebut digunakan untuk membangun dua pasar rakyat di Kecamatan Asera dan Pasar Bende di Motui. Keduanya dibangun sejak tahun 2022.

Bupati Konut, Ruksamin secara simbolis telah meresmikan kedua pasar yang dimaksud untuk digunakan oleh masyarakat sebagai lokasi transaksi jual beli, sebagai upaya pemerintah setempat menumbuh kembangkan unit-unit ekonomi pasca covid melanda.

“Dari pasar yang dibangun akan membangkitkan perekonomian masyarakat, hal ini berkaitan dengan penanganan tiga masalah yang sedang menjadi isu nasional. Yaitu kemiskinan ekstrim, inflasi, dan stunting,” ujar Ruksamin seperti dikutip, Rabu (22/2/2023).

“Semoga bisa menjadikan ekonomi masyarakat tumbuh lebih baik, dengan bangunan pasar yang baru ini dan dapat menarik daya beli masyarakat untuk berbelanja,” sambung politisi Partai Bulan Bintang itu.

Iya menegaskan Pemda Konut saat ini terus membangun Usaha Kecil Mikro maupun menengah demi mencegah Inflasi yang saat ini melanda Dunia, “demi mewujudkan Konawe Utara yang Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing,” tegasnya.

Sementara Kadis Perindustrian dan Perdagangan Konawe Utara, Jumadin mengatakan bahwa dua pasar rakyat yang dibangun merupakan hasil koordinasi Pemkab dengan pemerintah pusat melalui Kementrian Perdagangan RI untuk bisa mendapatkan alokasi dana tugas pembantuan.

“Dua pasar yang kita bangun sudah rampung 100% di akhir tahun 2022, dengan fasilitas 10 kios, 14 lapak basah, 57 lapak kering, toilet, ruang pengelola, pos keamanan, dan ruang teras. Baru diawal tahun 2023 ini peresmiannya dilaksanakan,” tambahnya.

Dalam acara peresmian, Bupati Ruksamin bersama Wakil Bupati Abuhaera turut meninjau kompleks pasar yang dirangkaikan dengan penyerahan kunci pada pengelola pasar.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker