Ruksamin Paparkan Strategi Tingkatkan Kualitas Pendidikan di FKIP UHO

Abadikini.com, KENDARI – Bupati Konawe Utara Ruksamin memaparkan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Tenggara di depan ratusan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO).

Hal itu disampaikan Ruksamin saat menghadiri seminar pendidikan yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP UHO di Aula FKIP UHO, Jumat (7/4).

“Membangun pendidikan yang berkualitas mesti berangkat dari prinsip dasar negara sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 dalam alinea keempat yakni mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Ruksamin dalam keterangan seperti dikutip, Senin (17/4/2023).

Selain itu, menurutnya hal ini juga termuat dalam salah satu lirik Indonesia Raya yaitu “Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya” yang artinya konstruksi pendidikan yang berbobot melalui konsep kurikulum yang berkualitas juga menyediakan fasilitas memadai bagi tenaga pengajar maupun mahasiswa.

“Rasio tenaga pengajar kita saat ini, baik tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas berkisar 0,01 persen,” jelasnya.

“Ini tentu menjadi pekerjaan rumah bersama bagaimana meningkatkan rasio tenaga pengajar untuk kemajuan pendidikan di Sultra di era abad 21,” lanjutnya politisi Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra itu.

Orang nomor satu di Bumi Oheo itu mengambil contoh pada salah satu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut dalam meningkatkan kualitas pengajar yakni dengan menyediakan fasilitas laptop gratis untuk menunjang tenaga pengajar agar lebih optimal dalam menjalankan tugasnya.

“Bukan hanya tenaga pengajar, tetapi mahasiswa asal Konut yang kuliah di berbagai perguruan tinggi termasuk di UHO, juga dibebaskan Uang Kuliah Tunggalnya (UKT). Mahasiswa tinggal fokus belajar dan berprestasi,” imbuhnya.

Koordinator MW KAHMI Sultra itu menyebut bahwa seperti apa Sultra ke depannya, semua tergantung pada generasi muda saat ini. Semangat itu yang buat Ruksamin selalu menyediakan program beasiswa pendidikan bagi mahasiswa di Konut selama ini.

Selain seminar pendidikan, pada momen ini juga ada penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Pemkab Konut dan FKIP UHO di bidang pengabdian masyarakat.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker