Selamat, Banggai Kepulauan Raih Capaian Kesehatan Semesta Program JKN

Abadikini.com, GORONTALO – Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) atau capaian kesehatan semesta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Capaian ini menjadi bukti nyata dukungan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan dalam implementasi Program JKN,” kata Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, Medianti Ellya Permatasari melalui rilis yang diterima di Banggai Kepulauan, Sabtu (8/10/2022).

Predikat tersebut diraih setelah mendaftarkan lebih dari 95 persen penduduknya ke dalam Program JKN dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akan jaminan kesehatan.

Medianti usai Pencanangan Program UHC JKN mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan atas capaian tersebut.

“Semoga dengan predikat UHC yang telah diraih dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat khususnya dalam hal mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan di Kabupaten Banggai Kepulauan,” ucap dia.

Ia berharap, semoga ke depan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan tetap berkomitmen untuk mendaftarkan masyarakatnya dalam Program JKN dan memastikan ketersediaan anggaran untuk Program JKN.

Menurutnya, dengan perencanaan yang baik dan tepat, kesinambungan Program JKN dapat terjaga, sehingga masyarakat di Kabupaten Banggai Kepulauan dapat tetap aktif dan mendapatkan perlindungan kesehatan.

“Kami siap terus berkolaborasi dan bekerja sama agar sejalan dengan visi Kabupaten Banggai Kepulauan yaitu Mewujudkan Banggai Kepulauan sebagai Kota IKAN (Indah, Kreatif, Aman dan Nyaman),” tambah Medianti.

Berdasarkan data hingga 1 September 2022, jumlah penduduk yang telah terdaftar dalam Program JKN di Kabupaten Banggai Kepulauan sebanyak 120.241 dari total 124.332 penduduk atau mencapai 96.71 persen.

Sebaran peserta terbesar dari segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK) sebanyak 53.49 persen disusul segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemda sebanyak 24.11 persen.

Penjabat Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir menyatakan komitmen pihaknya untuk mengupayakan dan memastikan Program JKN masuk pada komposisi anggaran tahun 2023 mendatang.

Tentunya hal tersebut dapat mempertahankan atau bahkan menambah cakupan Peserta JKN di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dia juga berharap, kedepannya tidak ada lagi masyarakat yang takut ke rumah sakit karena terkendala biaya, sehingga jaminan kesehatan yang dijaminkan oleh pemerintah untuk masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan bisa menciptakan masyarakat yang lebih sehat.

“Saya pikir ini adalah langkah yang paling maju yang pernah kita lakukan dalam konteks kesehatan,” kata Ihsan.

Ihsan menegaskan, Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan sangat serius dalam menangani hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut. (Antara)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker