Akhlak dalam Bermedia Sosial Sangat Penting

Abadikini.com, JAKARTA – Di tengah gencarnya arus informasi di era digital diperlukan kesadaran dan kearifan dalam mengolah informasi. Setiap detik informasi baru diterima dan sering tidak punya waktu untuk mengolah dan mencernanya.

Komunikasi digital berkembang sangat pesat, siapa yang mampu memanfaatkan sumber daya informasi akan menjadi pemenang dalam berbagai lini.

“Akhlak dalam bermedia sosial sangat penting bagi para mahasiswa dan umat Islam pada umumnya. Ada beberapa ayat yang relevan dengan adab kita dalam menggunakan media ini. Misalkan menyangkut muroqobah, bertanggungjawab, azas manfaat dan selektif menerima informasi,” kata Pakar IT Muchlas Rowi, Sabtu (16/2).

Dilansir dari Merdeka, Muchlas menegaskan bahwa tradisi untuk berfikir kritis perlu ditumbuhkan. Perdebatan publik harus lebih cerdas dan menyangkut isu-isu substansial.

Bukan dengan mempersoalkan kelemahan-kelemahan personal apalagi yang menyangkut privasi. Di tahun politik, isu tentang keislaman dan ibadah kandidat yang akan dipilih dalam pilpres lebih banyak mendapat perhatian publik daripada isu program dan kebijakan.

“Politik identitas sering dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis. Ketika pesta demokrasi usai, nasib konstituen pun terbengkalai karena tidak terbangunnya konsolidasi demokrasi yang mengarah pada pencapaian tujuan nasional,” katanya.

Seminar itu juga membahas contoh konkret dalam Social Network Analysis (SNA) yang menjadi salah satu alat dalam menganalisis konten hoaks secara scientific. Salah satu sumber yang bisa jadi rujukan adalah situs drone emprit. Dengan cara ini, hoaks dapat dibedah secara komprehensif termasuk memetakan top influencer yang terlibat dalam merespons isu tersebut dan bagaimana rekomendasi bagi khalayak dalam menyikapi konten hoaks tertentu.

Pengurus dan pegiat HIMA PERSIS berkomitmen akan proaktif dalam memerangi hoaks, memperkuat tradisi literasi, dan bersinergi dalam membangun jurnalisme positip untuk kepentingan dakwah Islam. Kegiatan yang terkait dengan literasi akan digiatkan di lingkungan organisasi mahasiswa ini.

Editor
Selly
Sumber Berita
Merdeka

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker