Maaf Ya, Internet Starlink Milik Elon Musk Tak Laku di Jakarta

Abadikini.com, JAKARTA – Masuknya Starlink ke Indonesia harusnya tak perlu dikhawatirkan oleh industri telekomunikasi. Sebab, layanan internet berbasis satelit itu tidak bisa berkompetisi untuk daerah perkotaan.

“Enggak usah khawatir, harganya enggak beradu lah. Sama Indonesia, enggak beradu. Dia cocok di 3T, kalau di kota engga. Gini, harganya enggak akan kompetitif kalau di perkotaan, dia kalah. Dia cocoknya, teknologi satelit cocoknya di daerah-daerah. Masa di Jakarta pake satelit,” jelas Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, ditemui di kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Melansir cnbcindonesia, Budi Arie menjelaskan internet di perkotaan biasanya menggunakan fiber. Sementara layanan satelit lebih dibutuhkan untuk daerah yang sulit dijangkau infrastruktur lainnya.

Jika Starlink ingin masuk ke pasar ritel, Budi Arie mempersilahkannya. Dia juga berpesan jangan terganggu dengan hal tersebut.

Terkait harga layanan, Budi Arie menyerahkannya pada pasar. “Harga biar urusan market. Kan harga market,” kata dia.

Budi Arie juga mengungkapkan Starlink telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) usai menyelesaikan Uji Laik Operasi (ULO). Ini menandakan perusahaan milik miliarder Elon Musk sudah bisa memberi layanan secara retail kepada masyarakat Indonesia.

“Bahwa Starlink itu memenuhi kriteria untuk uji layak operasi di Indonesia,” ungkapnya.

Selanjutnya, Budi Arie mengatakan Starlink akan melakukan pengujian untuk penyelenggaraan layanan. Proyek tersebut diperkirakan akan dilakukan pada Mei mendatang.

“Uji coba layanan segala macem, begitu. Pada bulan Mei, pertengahan Mei lah,” kata Budi Arie.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker