Peringatan Hari Ibu Momen Tepat Tingkatkan Peran Perempuan Bangun Ketahanan Keluarga

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan diwakili oleh Asisten Sekda Bidang Perekenomian dan Pembangunan, Taher Husain menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada Acara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 Tahun 2023 dengan tema “Perempuan Berdaya, Perempuan Berkarya”, di Aula Sultan Nuku, Kantor Walikota Tidore Tidore Kepulauan, Kamis (21/12/2023).

Acara Peringatan Hari Ibu ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan yang juga selaku Ketua Dewan Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tidore Kepulauan, Ibu Hj.Safia Ali Ibrahim, Ketua Ikatan Istri-Istri Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Ibu Verawaty Abdurrahman Arsad, Forkopimda, Ketua GOW Kota Tidore Kepulauan Ibu Hj. Elvry Habib, SE, dan juga Ketua Organisasi Wanita se Kota Tidore Kepulauan.

Mengawali sambutan Walikota, yang disampaikan oleh Asisten Sekda bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain mengatakan, Peringatan Hari Ibu merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan peran perempuan dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa, karena selain mendidik anak, perempuan memiliki peran cukup strategis dalam mewujudkan program pembangunan.

“Dalam konteks ini, kaum perempuan tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan, namun juga ikut berperan melaksanakan dan berpartisipasi di segenap aspek pembangunan,” kata Taher.

Lebih lanjut, Taher menyampaikan bahwa kaum perempuan harus berperan aktif agar tak mengalami ketertinggalan, dan harus berani menunjukkan karya dan kontribusinya agar dapat memberikan manfaat untuk sekitar tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Tak lupa, Taher juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan mengucapkan Selamat Hari Ibu ke-95 kepada Kaum Ibu di Kota Tidore Kepulauan. Semoga momentum ini semakin memperkuat komitmen kita untuk mengangkat harkat dan derajat kaum Ibu.

Di kesempatan yang sama, Ketua Dewan Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Hj. Safia Ali Ibrahim mengatakan bahwa di momen Peringatan Hari Ibu ke-95 ini kita harus bersama-sama memikirkan tantangan yang menjadi sebuah pekerjaan rumah. Momen ini kita harus jadikan sebuah refleksi untuk melihat sejauh mana kepedulian kita kepada sesama kaum perempuan di Kota Tidore Kepulauan, yang dapat kita mulai dari gerakan kecil tapi dengan niat yang tulus.

“Mari dengan semangat kekompakan, kita bersama-sama saling peduli, saling menjaga marwah, ditengah rutinitas kita sebagai aktivis organisasi, pekerja, seorang ibu, dan juga sebagai seorang istri, kita mampu menjalani rutinitas kita sebagai makhluk yang multitasking karena kita perempuan, kita bisa, kita bangga,” ungkap Safia.

Sementara, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tidore Kepulauan, Hj. Elvry Habib dalam sambutannya mengatakan, Peringatan Hari Ibu ke-95 ini mengusung tema “Perempuan Berdaya, Perempuan Berkarya”. Tema ini bisa diartikan jika perempuan berdaya dan berkarya maka keluarga menjadi bahagia dan negara akan menjadi kuat, karena keluarga adalah entitas terkecil sebuah masyarakat.

“Kini kaum perempuan sudah mengembangkan kiprah sesuai dengan bidang yang ingin ditekuni, baik di pemerintahan, politik, swasta atau pun yang lainnya, tetapi tidak mengesampingkan kewajibannya sebagai seorang istri maupun seorang ibu,” ucap Elvry.

Peringatan Hari Ibu ke-95 ini ditutup dengan penyerahan penghargaan atau apresiasi kepada perempuan-perempuan hebat dan tangguh di Kota Tidore Kepulauan yang mendedikasikan diri untuk para generasi anak bangsa, antara lain Ibu Nurdia Malaka dari Kelurahan Toloa, Ibu Fatma Djabu dari Kelurahan Tambula, Ibu Fitria Samaun dari Kelurahan Tuguwaji, Ibu Marsiah Ismail dari Kelurahan Tomalou, dan Ibu Aminah Ishak dari Kelurahan Gurabati.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker