Festival Garojou Angkat Tema Menjaga Tradisi, Mempererat Ukhuwa

Abadikini.com, TIDORE – Festival Jou Kota Desa Garojou ke 60 Tahun, Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan, resmi dibuka Wakil Walikota Kota Tidore Kepulauan yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dokumalamo yang dipusatkan Lapangan Bola Desa Garojou, Rabu (1/5/2024).

Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Ismail Dokumalamo didampingi Ketua 1 Tim Penggerak PKK Rahmawati Muhammad Sinen, Camat Oba Utara Rusdi Djamaluddin  Kepala Desa Garojou Halil Sabtu dan Anggota DPRD Kota Tidore Kepualuan Marwan Suwardi.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dokumalamo dalam sambutannya Atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, menyampaikan selamat Hari Jadi Desa Garajou yang ke 60 tahun, semoga di usia yang matang ini, Desa Garajou bersama masyarakatnya selalu aman dan sejahtera.

“Festival Garajou yang digelar dalam rangka Hari Jadi Desa Garajou pada hari ini memiliki makna yang mendalam yakni sebuah kilas balik sejarah panjang terbentuknya desa Garojou dari 60 tahun yang lalu” kata Ismail.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore ini juga menambahkan Perjalanan panjang ini tentunya memiliki sebuah proses yang dapat kita lihat bahwa hari ini, Desa Garajou sudah memiliki sebuah perubahan besar, dan perayaan hari ini sudah menjadi sebuah bukti nyata bahwa masyarakat Desa Garajou telah membuktikan bahwa usia 60 tahun adalah menjadi semakin kreatif dan semakin berdinamika mengikuti perkembangan yang ada, serta dengan kegiatan ini tentunya membawa sebuah semangat baru yang akan membawa sebuah doa untuk Desa Garajou semakin lebih baik di masa depan.

“ Festival ini, juga menjadi sebuah sebuah pertunjukkan dan hiburan kepada masyarkat yang dilakukan oleh para pemuda yang tergabung dalam Panitia Pelaksana yang telah bekerja keras bersama masyarakat untuk mewujudkan Festival Jou Kota yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena kegiatan ini sudah disusun dengan sangat baik dan dengan professional” ucapnya.

Ismail Dokumalamo berharap melalui kegiatan Festival Garajou ini akan semakin meningkatkan kekompakkan diantara masyarakat Desa Garajou sehingga setiap rencana pembangunan yang akan dirancang dapat dicapai bersama-sama.

Lanjutnya Nilai-nilai yang bermakna kerjasama untuk kepentingan bersama terbukti telah membentuk karakter masyarakat dan menjadi modal sosial yang sangat penting bagi keberhasilan pembangunan di Kota Tidore Kepulauan.

Sementara itu Ketua Panitia Festival Joukota Muhammad Annawawi dalam laporannya menyampaikan Tujuan dari Festival Joukota ini memperingati serta merefleksikan hari jadi Garojou yang ke 60 Tahun, untuk menyatukan gagasan dan kekauatan untuk membangun Desa Garojou kedepan lebih baik serta memperat tali silaturahmi antara masyarakat yang ada di desa Garojou pada khususnya maupun Tidore pada umumnya yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari eksistensi desa ini.

Peserta yang terlibat dalam Festival ini yaitu masyarakat dan generasi muda Desa Garojou, Festival ini mengangkat tema “Menjaga Tradisi, Mempererat ukhuwa”.

Turut hadir Para Pimpinan OPD, Camat Oba Utara, Kepala Desa Garajou bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker