Disinggung Soal KTA PDIP, Gibran Bilang Begini

Abadikini.com, JAKARTA – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan segera menemui Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo terkait kartu tanda anggota (KTA) miliknya. Hal tersebut diutarakannya saat ditanya awak media di Balai Kota Solo Jumat (27/10/2023).

“Ya nanti saya temui Pak Rudy (FX Hadi Rudyatmo) ya. Nanti,” ucapnya.

Diketahui sebelumnya, Rudy menyarankan putra sulung Presiden Jokowi itu untuk mengembalikan KTA PDIP ke kantor DPC PDIP. Hal tersebut menurutnya merupakan sebuah etika politik lantaran Gibran sudah resmi mendaftarkan diri sebagai cawapres pendamping capres yang diusung parpol di luar PDIP, sehingga otomatis statusnya bukan lagi kader PDIP.

Saat ditanya mengenai pernyataan Ketua Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun bahwa setelah Gibran resmi jadi cawapres, keanggotaannya di PDIP berakhir secara de facto, suami Selvi Ananda itu mengaku akan mengikutinya.

“Kalau udah ber-statement seperti itu ya sudah. (Otomatis keluar) saya ngikut saja kalau Pak Komarudin berstatemen seperti itu,” ujarnya.

Gibran juga enggan mengungkapkan pembicaraannya saat bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid.

“Saya sudah bilang berkali-kali, sama Pak Arsjad, statement-nya sudah jelas tidak perlu saya ulang-ulang lagi. Saya sudah bertemu dan bicara baik-baik,” tandasnya.

Sebelumnya Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengucapkan selamat kepada Gibran yang telah resmi mendaftarkan diri sebagai cawapres mendampingi capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (25/10/2025).

Ia pun berharap setelah mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres dari KIM, Gibran bisa mengembalikan KTA dan mundur dari PDIP, mengingat partai berlambang moncong putih tersebut telah resmi mengusung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai Capres dan Cawapres.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker