Selamat, Kota Tidore Terima Penghargaan Kualitas Dokumen Perencanaan

Abadikini.com, TIDORE – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan menerima Penghargaan terkait penilaian terhadap kualitas dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota melalui Kegiatan Penghargaan Pembangunan Daerah (PDD) Tahun 2024 untuk Kategori Kota Peringkat pertama dengan skor nilai 1,93.

Penghargaan tersebut diterima langsung Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dokumalamo saat menghadiri  Acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Propinsi Maluku Utara dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025 dibuka dengan resmi Sekretaris Propinsi Maluku Utara Syamsuddin Abdul Kadir, Selasa (30/4/2024).

Musrenbang ini mengangkat tema “ Penguatan Ekonomi dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Untuk Penyiapan Fondasi Tranformasi”.

Sekretaris Propinsi Maluku Utara Syamsuddin Abdul Kadir dalam sambutannya menyampaikan bila dicermati lebih mendalam lagi, sesuai evaluasi pelaksanaan pembangunan, masih banyak hal dilakukan guna menjawab permasalahan dan tantangan serta isu-isu stretegis pembangunan.

“ oleh karena itu, menyikapi permasalahan pembangunan dan isu strategis, maka rencana kerja Pemerintah Daerah Propinsi Maluku Utara Tahun 2025 mengangakat tema “ Penguatan Ekonomi dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Untuk Penyiapan Fondasi Tranformasi” yang dirahkan pada lima tujuan dan sasaran prioritas pembangunan yaitu menyiapkan fondasi transformasi sosial melalui pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing secara insklusif.

Syamsuddin Abdul Kadir juga menambahkan menyiapkan fondasi transformasi ekonomi melalui perwujudan pertumbuhan ekonomi berkualitas, perluasan kesempatan kerja, peningkatan produktifitas dan pengurangan kesenjangan, selanjutnya penyiapan fondasi transformasi tatakelola melalui penguatan reformasi birokrasi dan mewujudkan keamanan Daerah yang tanggung demokratis serta stabiltas ekonomi,serta mewujudkan ketahanan sosial budaya dan ekologi untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Syamsuddin Abdul Kadir berharap agar perlunya penajaman terhadap usulan-usulan Pemerintah Kabupaten/Kota yang sedikit banyak telah dibahas pada Forum Lintas Perangkat Daerah.

Sementara Kepala Bappeda Propinsi Maluku Utara A. Yasin Hayatudin dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan musrenbang RKPD 2025 ini merupakan forum yang sangat strategis yang hasilnya akan dijadikan sebagai masukan penting dalam penyempurnaan rancangan akhir RKPD Tahun2025.

Lanjutnya, tujuan Musrenbang RKPD Propinsi Maluku Utara Tahun 2025 adalah sebagai media penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan ususlan kegiatan prioritas Kabupaten/Kota yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan propinsi. Pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kabupaten/ Kota berdasarkan tugas dan fungsi peangkat daerah propinsi serta usulan kegiatan nmasyarakat hasil kesepakatan peserta musrenbang RKPD Tahun 2025 akan diprioritaskan secara optimal untuk mendapatkan alokasi anggaran yang proporsional pada tahun 2025.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128