Cara Walikota Ali Ibrahim Menjaga Ketahanan Pangan di Kota Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Menindaklanjuti instruksi Presiden melalui Menteri Dalam Negeri terkait dengan seluruh kepala Daerah harus memastikan ketersediaan pangan dalam rangka mengatasi Inflasi Daerah, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim didampingi Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Taher Husain, OPD terkait bersama petani melakukan penanaman jagung, tomat dan terong di tiga lokasi berbeda di Kelurahan Goto dan Kelurahan Dowora, Rabu (30/8/2023).

Setelah melakukan penanaman jagung dan tomat, Capt, H. Ali Ibrahim juga melakukan penanaman sayur terong dan panen sayuran caisin pada kelompok tani garolaha Kelurahan Dowora.

Terdapat tiga kelompok tani yang dikunjungi oleh Walikota Tidore Kepulauan yakni komoditas jagung yang ditaman oleh petani Samiun Hasan dari kelompok tani Goto Jaya, Komoditas tomat yang ditanam oleh petani Safar Adam dari kelompok tani Goto Makmur dan panen sayuran yang ditanam oleh komarudin kader pada kelompok tani garolaha kelurahan Dowora.

Capt, H. Ali Ibrahim mengatakan, instruksi presiden melalui mendagri bahwa seluruh kepala daerah harus serius dalam menangani masalah inflasi di Daerah masing-masing, sehingga langkah petani dalam menanam ini adalah bentuk dari upaya untuk pengendalian inflasi, “saya akan menginstruksikan kepada para seluruh penyuluh pertanian agar dapat membantu petani dalam memanfaatkan pekarangan lahan kosong di rumah maupun kebun untuk menanam berbagai macam komoditas baik itu, tomat, rica, bawang maupun sayur mayur sehingga ini mengantisipasi menjaga ketahanan pangan di Kota Tidore.” kata Ali.

Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim memanen sayur caisin. Foto: Humas

Ali Ibrahim menambahkan, ketika masyarakat Tidore memanfaatkan pekarangan lahan kosong baik di halaman rumah maupun kebun untuk menanam maka itu akan membantu ketersediaan ketahanan pangan di Kota Tidore, ‘maka tidak ada kemiskinan ekstrim dan inflasi lagi di Kota Tidore, karena dengan tanaman tersebut dapat membantu kebutuhan masyarakat Kota Tidore.” jelas Ali

“Kedepan pemerintah Daerah juga akan menanam pohon sukun di Desa Maitara, sehingga ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menunjang kebutuhan ekonomi masyarakat Tidore khususnya di Pulau Maitara.” tambah Ali Ibrahim.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker