Venesia Dinilai Bakal Tenggelam, Pengamat Ini Sebutkan Fakta Berbeda

Abadikini.com, JAKARTA – Kota Venesia di Italia menjadi salah satu destinasi wisata populer karena keindahan bangunan kota tua yang terendam air.

Sayangnya, semakin lama, salah satu kota romantis di Eropa ini terancam akan semakin tenggelam.

Fakta sebaliknya justru diungkapkan para peneliti. Mereka menyebut bahwa kota Venesia masih memiliki harapan untuk tidak tenggelam.

Melansir Metro, kenaikan suhu rupanya mengubah pola sirkulasi atmosfer dan arus di Mediterania.

Hal itu memicu ‘fase osilasi dingin’, sebuah fenomena cuaca yang benar-benar mengurangi risiko banjir.

Oleh sebab itu, Profesor Davide Zanchettin, dari Ca’ Foscari University of Venice, yakin bahwa Venesia akan selamat dari tenggelam seperti Atlantis.

“Jika itu terjadi, maka perhitungan kami menunjukkan antara sekarang dan 2035, permukaan laut di Venesia mungkin mendatar,” ungkapnya.

Davide menambahkan bahwa saat Atlantik Utara memasuki fase yang lebih dingin, hal itu akan memperlambat peningkatan kelembapan yang bisa berdampak pada kelonggaran yang dibutuhkan.

Data pasang surut dan satelit menunjukkan adanya pola pendakian yang diselingi oleh periode dua dekade atau lebih ketika kenaikan permukaan air laut telah melambat atau bisa jadi mendatar.

Ia lalu membandingkan dengan catatan selama 150 tahun tentang variasi suhu permukaan air laut dan menemukan korelasi antara pembacaan rata-rata yang terjadi selama periode waktu 60 hingga 80 tahun.

Hal itu dikenal sebagai ‘osilasi multi-decadal Atlantik’, selama fase Atlantik yang lebih dingin dan lebih hangat, kenaikan permukaan air laut di Venesia masing-masing melambat dan bertambah cepat.

Saat ini, posisi permukaan laut yang menggenangi Venesia sudah 14 inci lebih tinggi daripada 150 tahun yang lalu.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker