Anechoic, Ruangan Terhening di Dunia Ciptaan Microsoft

Abadikini.com -Apakah anda orang yang tidak suka keramaian? Jika iya, mungkin Anda akan menyukai ruangan satu ini.

Ruang “Anechoic” yang berukuran 6,36 meter persegi ini telah tercatat oleh rekor dunia Guinness sebagai ruangan terhening di dunia.

Pembangunan ruangan ini diketahui menghabiskan biayar sebesar USD 1,5 Juta atau setara Rp21 Miliar. Tujuan dibangunnya ruangan ini adalah untuk menyetel headphone hingga membuat suara klik mouse terdengar sempurna

Anechoic terdiri dari enam lapisan beton dengan ketebalan 12 inci tiap lapisnya yang menghalangi berbagai macam suara dari dunia luar. Dari lantai, dinding, dan langit-langitnya dilapisi dengan busa fiberglass untuk menghilangkan adanya gema.

Selain itu, di bagian dalam lantai, terpasang kabel baja yang sama dengan yang digunakan untuk menghentkan jet tempur saat mendarat. Kabel diatur dalam bentuk jaring diatas irisan busa.

Mengutip dari Daily Mail, Hundraj Gopal, kepala insinyur Microsoft sekaligus pemimpin tim pendiri ruang Anechoic, mengatakan bahwa ruangan ini memblokir suara sampai frekuensi 120 desibel. Artinya, jika ada pesawat jet yang lepas landas di balik ruangan ini sekalipun, kita tak akan dapat mendengarnya.

Saking heningnya, tidak ada orang yang mampu bertahan dalam ruangan tersebut lebih dari 45 menit. Mereka merasa tidak nyaman karena terganggu dengan kekerasan nafas mereka sendiri, bunyi dering ditelinga, sampai bunyi perut yang memekakkan telinga.

Sumber Berita
National Geo
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker