Tidak ada Motif Politik Dibalik Pernikahan Putra-Putri BG dan Buwas

abadikini.com, JAKARTA – Pernikahan antara putra Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol Budi Gunawan (BG) dengan putri Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso diyakini akan semakin mempererat hubungan antara BG dan Buwas yang sejak lama terbangun dalam tubuh Korps Bhayangkara.

Baca juga : Ini Alasannya Irman Putra Sidin Usulkan Partai Politik Dibiayai APBN

Begitu kabar pernikahan putra-putri kedua jenderal itu beredar di publik sempat muncul selentingan kabar yang menduga kuat adanya unsur kepentingan politis dibalik pernikahan itu.

Baca juga : SBY Dinilai sedang Jajaki Peluang Pasangkan Jokowi-AHY pada Pilpres 2019

Budi Waseso dan Budi Gunawan sempat mendapat sorotan saat terjadi ketegangan antara Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan rekening gendut.

Dalam kasus itu, Budi Gunawan yang menjadi calon Kapolri ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, pada Januari 2015.

Berita rekomendasi :

Di sisi lain, Budi Waseso yang saat itu menjabat Kabareskrim terus diterpa kabar tak sedap. Ia disebut orang dekat Budi Gunawan. Dia pun berkali-kali meminta agar soal asmara atau hubungan pribadi sang putri tak dibawa-bawa.

“Jangan dipelesetkan ke sana (asmara). Kasihan mereka tidak tahu apa-apa. Jangan dilibatkan dan dilebarkan ke mana-mana,” kata Kabareskrim di Mabes Polri, Jakarta, 31 Januari 2015 silam

Namun, pengamat Kepolisian dari Institute Security and Strategic Studies Bambang Rukminto menilai tidak ada motif politik dibalik pernikahan putra-putri kedua jenderal itu. Menurutnya, pernikahan ini bersifat pribadi, tidak ada kepentingan politik di balik agenda sakral tersebut.

“Saya kira tidak ada (kepentingan). Itu soal pribadi,” ujar Bambang, Selasa (28/8/2017).

Berita rekomendasi :

Bambang menguraikan, tudingan BG bisa mempengaruhi jabatan Buwas di Kepolisian juga mustahil. Ia berkata, dengan keberadaan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan jabatan BG di BIN, mustahil pernikahan ini berpengaruh pada struktur Kepolisian.

“Kalau sekarang pengaruh nyaris tidak ada. Sekarang komposisinya Pak BG di luar struktur Kepolisian. Jadi nyaris tidak ada,” ujarnya.

Bambang mengatakan, pihak yang menilai ada kepentingan politik atau jabatan di balik pernikahan itu ibarat seorang anak kecil yang asal bicara.

Berita rekomendasi :

Menurut Bambang, kedua petinggi kepolisian itu termasuk sosok profesional. Keduanya dianggap telah membuktikan hal tersebut saat bertugas di tempatnya saat ini.

Sementara itu, Bambang menilai Buwas adalah sosok yang unik. Ia dianggap mampu bertindak independen meski banyak isu negatif menerpanya, salah satunya kala Buwas diklaim membela BG yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

“Isu waktu 2015 santer sekali tentang kedekatan Pak BG dan Pak Buwas relatif disorot. Tapi pasca ditarik ke BNN ia semakin bisa mandiri,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, Buwas juga hanya memiliki sedikit peluang untuk masuk kembali sebagai pejabat Kepolisian, yaitu menggantikan posisi Irawasum Polri Komjen Dwi Priyatno yang akan pensiun akhir tahun ini.

Berita rekomendasi :

Namun, Bambang menyarankan Tito untuk mengisi pos Irwasum dengan sosok lain ketimbang Buwas. Menurutnya, keberadaan Buwas lebih tepat di BNN.

“Pak Buwas peluangnya kecil kembali ke Kepolisian. Baiknya beliau di BNN,” pungkasnya. (beng.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker