19 Alasan Kenapa Saya Pilih Prof. Yusril Ihza Mahendra Sebagai Pemimpin

Sedikit catatan yang bisa saya ingat dari era orba sampai hari ini era reformasi, antara lain:

1. YIM salah seorang tokoh muda yang berjasa dalam merumuskan lengsernya Presiden Soeharto, 1998. Potensi revolusi berdarah dapat dirumuskannya dalam hanya selembar surat sakti lengsernya Pak Harto, sehingga era reformasi hari ini tidak cacat hukum.

2. YIM, memperlihatkan jiwa besarnya ketika Sidang Istimewa MPR 1998 dalam pemilihan Presiden pertama era reformasi karena beliau tidak protes ketika dua kandidat yang lain cacat administrasi, MSP dan GUSDUR.

3. YIM sekali lagi dengan jiwa besar bersedia mundur dari pencalonan Presiden ketika Sidang Istimewa MPR 1998 tsb, dalam format koalisi Poros Tengah yang digagas Amien Rais untuk memuluskan Gusdur melawan Megawati Soekarno.

4. YIM berpengalaman dalam tiga masa kepemimpinan Presiden RI dan sangat paham birokrasi pemerintahan.

5. Jabatan Mensesneg yang diembannya, membuatnya lebih mengerti koordinasi antar kementrian dalam sebuah administrasi kepemerintahan yang benar.

6. YIM, bebas dari penyanderaan masalalu, tidak terindikasi KKN dan selalu mengedepankan hukum sebagai jalan memperoleh keadilan.

7. YIM, melakukan pembelaan terhadap kekeliruan dalam setiap langkah penyusunan UU sesuai dengan kapasitasnya sebagai Ahli Tata Negara yang disegani. Tidak peduli pembelaan itu dilakukan secara personal ataupun bersama-sama.

8. YIM selalu berada dipihak yang terzolimi seperti pembelaan terhadap persekusi ulama, Ustad Alfian Tanjung.

9. YIM melakukan pembelaan terhadap rakyat kecil seperti kasus Bidara Cina melawan pemerintah DKI, dan menang.

10. YIM juga melakukan pembelaan terhadap masyarakat Luar Batang melawan pemerintah DKI,

11. YIM salah seorang tokoh yang berguru langsung dan merasakan tempaan pahlawan dan tokoh Nasional M. Natsir,

12. YIM melakukan pembelaan terhadap dibubarkannya HTI dan melakukan yudisial review terhadap UU ormas yang mengabaikan hak-hak azazi dalam berkumpul dan berorganisasi,

13. YIM dalah seorang pendiri Partai Bulan Bintang dan selalu menang setiap kali partai ini dikebiri oleh penguasa,

14. YIM, salah seorang intelektual bangsa yang selalu berani berargumentasi di depan publik secara fair,

15. YIM, melakukan pembelaan terhadap pelecehan tenaga kerja indonesia karena kemudahan2 terhadap masuknya tenaga kerja asing,

16. YIM, menyusun Perpu Terorisme yang masih berlaku sampai sekarang akibat bom Bali itu sehingga pemerintahan RI mempunyai landasan hukum yang kuat untuk mengatasi persoalan bom Bali.

17. YIM, terlibat dalam penyusunan undang-undang tentang tindak pidana korupsi dan undang-undang pembentukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),

18. YIM, terlibat langsung dalam pembahasan Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI serta perwakilan dari Aceh,

19. YIM, mengirim surat kepada Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hak Asasi Manusia, Palais Wilson, terkait kekerasan terhadap muslim Rohingya di Myanmar.

Masih seabrek lagi, monggo dilanjutkan…

Jakarta-Merak, 29 Juli 2018
eriyon agust,
Sekjend SA-ITB

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker