Tips Mencari dan Memilih Pemimpin Daerah Terbaik

Apakah anda masih bingung siapa yang kelak pemimpin yang akan dipilih?, coba simak seri pendidikan politik tentang tips mencari pemimpin ideal yang disajikan oleh lembaga politik, keamanan, dan pembangunan “Brorivai Center”.

Dalam mencari seorang pemimpin sebenarnya kita tidak boleh sembarangan memilih, kenapa? Karena seseorang yang kita pilih jika terpilih kelak akan sangat menentukan atas harapan yang diimpikan, yang mana semua kebijakan dan sebagian nasib kita ada ditangan dia.

Demikian pula, sejahtera atau tambah sengsara kehidupan kita , sesungguhnya sebagian ada ditangan seseorang yang memimpin di daerah kita. Segala kebijakan dan keputusan strategis yang menyangkut nasib rakyat ada ditangan seorang pemimpin yang berkuasa selama 5 tahun ke depan.

Agar kita tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari, ikutilah tips yang ditawarkan sebagai siasat untuk dapat menjadi pertimbangan guna menghasilkan pemimipin yang berkualitas, amanah dan mampu mengayomi rakyatnya. Setidaknya, ada lima poin penting yang harus menjadi perhatian sebagai berikut:

Pertama: Perhatikan Latar Pendidikannya

Latar belakang pendidikan merupakan salah satu cara untuk melihat seseorang yang mencalonkan diri sebagai pemimpin itu berkompeten atau tidak. Karena, seseorang yang memiliki pendidikan tinggi, pola pikir, paradigma, daya nalar, anasisis dan juga sudut pandangnya, seharusnya akan berbeda dengan orang yang memiliki pendidikan rendah. Mereka yang berpendidikan tinggi seharusnya akan lebih bijak dan tepat dalam mengambil sebuah keputusan dan mampu membawa solusi.

Kedua: Cermati Sikap dan Perilakunya

Hal ini tak kalah pentingnya untuk kita perhatikan, namun memang agak sulit untuk melihat secara utuh karena kita biasanya baru mengenal calon pemimpin yang akan kita pilih. Namun, sebenarnya kita dapat melihat sikap dan perilakunya dalam proses si calon tersebut berkampanye dan elegansinya dalam melakukan sosialisasi politik.

Ketiga: Pelajari Visi, Misi Misi, dan Program Kerjanya

Cermati bagaimana para calon pemimpin dapat meyakinkan calon pemilih mereka. Ketika mereka mengutarakan visi, misi dan program kerja mereka, apakah sesuai dengan keinginan rakyat atau tidak, realistis atau tidak masuk akal, dan penuh harapan nyata atau harapan palsu.

Keempat: Telusuri Sejarah Personalnya dan Rekam Jejaknya

Dalam menelusuri calon pemimpin yang diidamkan, maka yang terpenting dari sejumlah poin yang ada, kita harus memperhatikan sejarah personal dan rekam jejak dari seorang pemimpin yang akan kita pilih, paling tidak ia harus jujur (tidak suka dusta) atau berintegritas tinggi. Catatan sejarah personal, prestasi dan rekam jejak dari seorang calon pemimpin dapat memperlihatkan kompetensi dan kredibilitas mereka untuk menjadi seorang pemimpin, apakah pantas atau tidak untuk menjadi pelayan rakyat.

Perhatikan prestasi apa saja yang telah ia peroleh dan perhatikan juga apa yang sudah ia berikan atau kontribusikan untuk rakyat. Demikian halnya rekam jejak harus bersih dari KKN atau jauh dari sejarah kelam terkait korupsi, narkoba dan politik dinasti ataupun pembusukan politik dengan berbagai variannya.

Kelima: Pastikan Punya Respek Agama dan Paham akan Budaya Lokal serta Berwawasan Kebangsaan

Pemimpin daerah diharapkan mampu mengayomi semua agama, etnis, ras dan golongan. Punya respek yang tinggi terhadap nilai-nilai agama yang diyakini tanpa mengabaikan kelompok minoritas. Demikian pula dipastikan memamahami esensi adat-istiadat serta kebanggaan dan kearifan lokal tanpa mengabaikan kepentingan nasional. Pemimpin harus punya pemahaman agama yang baik dan memiliki wawasan kebangsaan di tengah masyarakat yang mejemuk.

Dari lima poin yang ditawarkan tersebut diatas, tentunya sulit kita menemui suatu kesempurnaan. Sebagaimana manusia pada umumnya, begitu pula para pemimpin atau calon pemimpin kita. Tentu kita sepakat bahwa tiada seorang pun manusia yang tidak punya dosa, tidak pernah lalai, dan tidak sekali pun bersalah, begitu pulalah pemimpin-pemimpin atau calon pemimpin kita. Pasti mereka pernah punya salah. Kalau pun tidak, pasti pernah tersalahkan.

Oleh karena itu, idealnya kita harus mengupayakan bahwa, siapa pun orangnya yang ingin menjadi pemimpin harus memiliki prasyarat minimal sesuai dengan poin-poin pokok tips yang digariskan atau memenuhi kriteria umum yang mendekati paripurna sebagai representasi calon pemimpin yang ideal, setidaknya ia adalah pilihan yang terbaik dari sejumlah calon lain yang ikut berkontestasi.

Intinya, dengan menemukan pemimpin yang terbaik sesungguhnya merupakan suatu kekuatan yang dapat menggerakkan perjuangan demokrasi atau perjalanan menuju sukses dalam pembangunan.

Selamat berwisata demokrasi dan mengawal NKRI!

Oleh Brorivai Center

Setiap Tulisan di Kolom Opini Abadikini.com adalah tanggung jawab penulis, Mau kirim Opini ke abadikini.com silahkan ke redaksi@abadikini.com

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker