Sebanyak 50 ASN Tidore dan Haltim ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Abadikini.com, TERNATE – Sebanyak 50 ASN di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang digelar atas Kerjasama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku Utara di Hotel Ayu Lestari, Ternate, Rabu (24/4/2024).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Plt. Gubernur Provinsi Maluku Utara yang diwakili Oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Miftah Baay. Adapun peserta pelatihan kepemimpinan ini terbagi atas 2 kelas, yaitu Kelas A Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur dengan jumlah peserta sebanyak 29 orang dan Kelas B Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan jumlah peserta sebanyak 21 orang.

Miftah mengatakan, kualitas dan kapasitas kepemimpinan  merupakan fitur pokok yang wajib dimiliki  oleh sumber daya manusia dalam organisasi. SDM memadai akan melengkapi diri dengan pelatihan kepemimpinan lebih dari sekedar proses prosedur dan adminitrasi dalam karir, pelatihan administrator menjadi sarana untuk mengembalikan organisasi kepada nilai-nilai ideal ketika menjadi diviasa praktik dalam kesehariannya.

“Pelatihan kepemimpinan administrator bertujuan untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan agar dapat membentuk pemimpin sektor public yang mampu menginiasi dan mengelola perubahan yang diharapkan tidak hanya perubahan pada aspek kognisi, namun juga aspek afeksi dan kepemimpinan konsekuensi dari tuntutan tersebut, membawa implikasi terhadap pembenahan atau reformasi yang dilakukan oleh Lembaga,” Tutur Miftah.

Mewakili Bupati, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Halmahera Timur Nurdin Hadi dalam sambutannya mengatakan, Penyelenggaran Pelatihan Kepemimpinan Aministrator ini bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang memiliki kompetensi Kepemimpinan Manajemen Kinerja untuk memenuhi standar kompetensi manajerial Administrator.

“Pelatihan ini diharapkan, peserta menjadi pemimpin yang memiliki Kompetensi Kepemimpinan Kinerja sebagai kompetensi manajerial, untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas Jabatan Administrator dan kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan pelayanan public sesuai SOP serta terselenggaranya peningkatan kinerja secara berkesinambungan,” Ungkap Nurdin.

Mewakili Walikota, Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam dalam sambutannya mengatakan dengan adanya Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang diikuti oleh beberapa pejabat eselon III di Lingkup Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, telah membuktikan bahwa salah satu misi Walikota dan Wakil Walikota Tidore pada periode kedua ini, yakni Penguatan Sumber Daya Manusia telah berjalan dengan baik.

“Tentunya juga dengan adanya Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini, kami mengharapkan akan menghasilkan pejabat yang berinovasi, memiliki kinerja yang baik, bertanggungjawab dalam melayani masyarakat serta tentunya akan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang sudah menjadi cita-cita kita bersama dalam tugas dan pengabdian,” Tutur Abdul Hakim.

Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini dilaksanakan selama 108 hari kerja yang dimulai dari tanggal 15 Maret 2024 hingga 17 Juli 2024 yang bertempat di Hotel Ayu Lestari Kota Ternate. Pada Pelatihan ini menggunkan metode  Belended Learning dengan Struktur Kurikulum sesuai agenda yang telah disusun.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker