Calon Gubernur Sultra Ruksamin Paparkan Program Beasiswa dan Pupuk Gratis

Abadikini.com, BUTENG – Calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ruksamin berkomitmen akan membebaskan seluruh Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa se Sultra, jika dirinya terpilih menjadi Gubernur.

Hal itu dilakukan guna dapat meringankan beban orang tua yang tidak sedikit menjual harta benda seperti sapi, kambing, tanah, kredit di Bank, untuk sekedar membayar UKT, menjadi hilang.

“Jangan ada lagi orang tua yang kesulitan membiayai kuliah anaknya. Saya sudah hitung dengan baik, APBD Provinsi Sultra bisa atau mampu menggratiskan UKT mahasiswa di Sultra,” kata Ruksamin saat menyampaikan sambutan kegiatan silaturahim dan syukuran anggota DPRD Sultra terpilih dari Partai Bulan Bintang (PBB), H. Rosni di Desa Kolowa Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, Sabtu (13/4/2024).

Program beasiswa gratis tersebut, bukan hal baru bagi Ruksamin. Namun ia telah laksanakan di Kabupaten Konawe Utara. Sebanyak 2,220 mahasiswa Konut, gratis biaya UKT.

“Jadi program ini bukan akan atau nanti, tetapi saya telah jalankan di Konawe Utara. Alhamndulillah, 2220 mahasiswa Konut yang tersebar di berbagai perguruan tinggu baik dalam maupun luar negeri, UKT nya ditanggung menyeluruh,” tegas Ruksamin.

Tak hanya UKT, Ruksamin juga berkomitmen akan membangun sektor pertanian dan perikanan yang lebih maju. Di sektor pertanian, maka para petani harus disediakan pupuk gratis berkualitas.

Sehingga petani tidak lagi mengalami kesulitan untuk mengembangkan budidaya komoditi yang digeluti di setiap Kabupaten maupun Kota di Sultra.

Termasuk di sekor pertanian, berbagai peralatan canggih bagi nelayan, pemerintah harus hadir untuk memfasilitasi. Sehingga nelayan memperoleh keuntungan lebih agar sejahtera.

“Termasuk budidaya hasil laut seperti terumbu karang dan lainnya mesti didukung optimal. Sehingga tercipta akselerasi pembangunan yang selaras,” pungkas Ruksamin.

Sementara itu, salah satu warga Kecamatan Gu, Buteng, Nurman menilai program Bacagub Sultra H. Ruksamin terkait beasiswa gratis bagi mahasiswa sangat dibutuhkan masyarakat. Alasannya, tidak sedikit masyarakat enggan menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi karena tak mampu membayar UKT.

“H. Ruksmin solusi bagi masyarakat Sultra. Programnya sangat tepat untuk kemajuan daerah karena langsung menyentuh akar permasalahan yang selama ini dialami oleh rakyat,” kata Nurman kepada Kendari Pos, Sabtu (13/4/2024).

Program beasiswa gratis, kata dia, juga koheren dengan perintah Undang-Undang Dasar 1945 pada alinea ke empat bahwa negara hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Artinya, untuk membangun daerah, maka pondasi utama menyiapkan SDM unggul, hebat, cerdas dan berkarakter.

“Program beasiswa gratis adalah jawaban atas doa-doa orang tua kita selama ini yang kesusahan membiayai anaknya kuliah. Kami akan berjuang agar Ruksamin terpilih jadi gubernur Sultra, sehingga ide cemerlang tersebut bisa terealisasi,” kata Nurman.

Untuk diketahui, Ruksamin sejauh ini telah mendepatkan rekomondasi maju sebagai calon gubernur Sultra pada Pilgub 2024 dari Partai PBB 4 kursi dan PAN 3 kursi. Ruksamin tinggal membutuhkan tambahan 2 kursi menjadi 9 Kursi untuk penuhi syarat 20 persen dari jumlah 45 kursi DPRD Provinsi Sultra.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker