Sekda Tidore Buka Rapat Evaluasi dan Pendampingan Penyusunan Profil Kelurahan Tingkat Kota

Abadikini.com, TIDORE – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan melalui Bagian Tata Pemerintahan menggelar Rapat Evaluasi dan Pendampingan Penyusunan Profil Kelurahan Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 dibuka dengan resmi Walikota Tidore Kepulauan diwakili Sekretaris Daerah Ismail Dokumalamo dipusatkan di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore, Senin (29/4/2024).

Dalam sambutannya, Ismail Dokumalamo menyampaikan bahwa Seringkali ketidakmahiran dalam mengelola data juga terjadi dalam institusi pemerintahan baik itu tingkat kota, kecamatan bahkan kelurahan dan desa. Hal ini tentu memberikan dampak yang tidak baik terhadap perhatian dan pengetahuan pemerintah daerah dalam mengidentifikasi potensi yang ada di wilayahnya sehingga luput dari perhatian.

“Maka dari itu, sangatlah penting mengetahui potensi dan permasalahan yang ada di setiap wilayah hingga ke tingkat kelurahan/desa untuk menerapkan program pembangunan yang tepat guna sesuai dengan sasaran dan kebutuhan yang sebenarnya,” ucap Ismail.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Ini juga menambahkan Salah satu media yang tepat mengetahui karakteristik potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kondisi perekonomian, ketersedian sarana prasana dan hal lainnya di suatu kelurahan adalah dengan menyusun profil kelurahan melalui aplikasi terintegrasi berbasis website yaitu  E-Prodeskel.

Lanjutnya, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, mengapresiasi langkah Pemerintah Pusat melalui Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri yang telah mengeluarkan Surat Edaran Perihal Perpanjangan Waktu Pengisian Aplikasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel) sampai dengan 30 April 2024 dan juga akan mendorong secara pro aktif kelurahan dalam melakukan update data, serta Pemerintah Kecamatan untuk membina dan mengawal kelurahan/desa di wilayahnya.

“Selaku Kepala Daerah, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bapak pemateri baik dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri dan Dinas PMD Provinsi Maluku Utara yang telah menyempatkan waktunya hadir di Kota Tidore Kepulauan, Begitu juga kepada Camat, Lurah, dan Staf Teknis pengelola data dan profil kelurahan atas dedikasinya selama ini. Ikuti semua tahapan kegiatan ini sampai dengan selesai, sehingga tujuan dari penyediaan data profil yang akurat dapat dicapai guna peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik dan pemerintahan yang semakin baik di Kota Tidore Kepulauan” kata Ismail diakhir sambutannya.

Sementara Kepala Tata Pemerintahan Setda Kota Tidore Kepulauan Zulkifli Ohorella menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana progres penginputan Data Profil Desa/Kelurahan tingkat Kota Tidore Kepulauan sampai dengan Tahun 2024 serta memeberikan pendampingan kepada Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan sebagai pelaksana utama dalam proses penginputan Data Profil Desa/Kelurahan.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan yang telah menyelesaikan proses penginputan data Profil Desa/Kelurahan secara baik sampai dengan tahun 2024” Kata Zulkifli Ohorella.

Zulkifli Ohorella juga menambahkan Narasumber kegiatan ini terdiri dari perwakilan Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku Utara, Ketua dan Sekretaris Tim Evaluasi dan Pendampingan Penyusunan Profil Kelurahan Tahun 2024, serta Tim Teknis Evaluasi dan Pendampingan Penyusunan Profil Kelurahan Tahun 2024 Bagian Tata Pemerintah Setda Kota Tidore Kepulauan. Sedangkan peserta dari Kecamatan sebanyak 16 orang dan Kelurahan sebanyak 80 orang.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128