PBB Sumbawa Barat Bakal Buka Penjaringan Calon Bupati 5 Mei 2024

Abadikini.com, SUMBAWA – Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Sumbawa Barat akan segera membuka penjaringan bakal calon buoati dan wakil bupati jelang Pilkada November 2024 mendatang.

Ketua DPC PBB KSB, Agusfian mengatakan, kegiatan seleksi untuk menjaring balon yang bakal didukung partainya tersebut akan dilaksanakan pada bulan depan.

“Resminya tanggal 5 Mei kita mulai buka pendaftarannya,” kata Agusfian lewat keterangan, Senin (29/5/2024).

Ia menjelaskan, proses penjaringan menjadi proses wajib yang harus dilalui seorang calon untuk mendapatkan dukungan PBB dalam penyelenggaraan Pilkada.

“Sama seperti partai lainnya, PBB juga ada mekanisme penjaringannya. Dan pengurus daerah sudah dapat instruksi menggelar penjaringan calon bupati untuk Pilkada tahun ini,” ujarnya.

PBB sendiri pada Pilkada tahun 2024 ini memiliki modal 1 kursi di DPRD KSB. Meski demikian, Agusfian tak berkecil hati. Ia mengungkapkan, untuk Pilkada 2024 sudah ada sejumlah pihak yang menjalin komunikasi dengannya. Tujuannya tak lain agar PBB turut memberikan dukungan nantinya.

“Kami punya 6 ribu lebih pemilih hasil Pemilu kemarin. Dan jumlah itu tentu bisa mempengaruhi kemenangan pasangan calon di Pilkada,” klaimnya.

“Yang datang ke kami ada yang sudah dengan pasangannya. Ada juga yang datang masih sendiri. Kami pun terbuka dengan mereka. Tapi sesuai aturan partai, ada mekanisme yang harus mereka lalui sebelum mendapat dukungan PBB,” sambungnya.

Selanjutnya Agusfian menyatakan, penjaringan di tingkat DPC menjadi tahap awal bagi partai dalam menentukan arah dukungannya di Pilkada. Setiap bakal calon yang mendaftar nantinya akan melalui sejumlah mekanisme sebelum akhirnya ditetapkan di tingkat pusat.

“Hasil penjaringan nanti akan kami tindaklanjuti berjenjang hingga ke DPP. Finalnya DPP-lah yang menetapkan calon mana yang nantinya akan kami dukung,” kata anggota DPRD KSB 2 periode ini.

Pada bagian lain ia menyampaikan harapannya terhadap pelaksanaan Pilkada tahun ini. Ia berharap, Pilkada KSB kelima nanti akan muncul banyak figur pasangan calon yang diusung oleh partai maupun maju melalui jalur perseorangan. “Tiga pasangan calon sangat ideal pada Pilkada kita tahun ini,” katanya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128