150 Tenaga Pendidikan di Kota Tidore Ikuti Seminar Pendidikan

Abadikini.com, TIDORE – Sebanyak 150 tenaga pendidikan di Kota Tidore mengikuti Seminar Pendidikan dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 di Aula SMA Negeri 1 Tidore, Sabtu (2/12/2023).

Kegiatan itu dibuka Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Yakub Husain mewakili Walikota Tidore Kepulauan, Yakub Husain dalam kesempatan tersebut mengapresiasi setinggi-tingginya atas jasa dan kinerja tenaga pendidikan, khususnya di Kota Tidore Kepulauan.

Yakub Husain mengatakan dalam membangun dunia pendidikan, kita harus mengetahui akar persoalan yang harus dituntaskan. Seorang guru harus paham persoalan yang ada di wilayah tugasnya, bru bisa menyelesaikan persoalan tersebut.

Yakub menambahkan, tema pada perayaan HUT ke-71 Hari Guru Nasional sangat relevan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), serta meningkatkan dan memajukan dunia pendidikan.

“Oleh sebab itu seminar ini sangat penting, kami sambut dengan baik dan apresiasi kepada Himpaudi Tidore yang telah melaksanakan kegiatan ini,” sebut Yakub.

Tentu ini adalah momentum yang sangat baik, lanjut Yakub, karena melalui seminar ini untuk meningkatkan mutu pembelajaran bagi anak-anak usia dini.

Sementara itu, ‎Bunda PAUD Kota Tidore Kepulauan Safia Ali Ibrahim mengatakan dewasa ini masyarakat semakin maju dan cerdas, pandangan‎ publik semakin kritis dan semakin berkembang, dampak dari dinamika pembangunan dan keterbukaan informasi.

Untuk itu, para tenaga pendidik anak usia dini harus cepat belajar‎ dan sensitif terhadap perkembangan kemajuan pendidikan, dalam dunia literasi anak usia dini. Ada aspek penting yang harus dikuasai oleh seorang guru PAUD, yakni aspek gerak dan buku.

“Dari aspek buku, metode pengajaran yang bisa dipilih salah satunya adalah metode Komik dan Lagu atau Komilag,” jelas Safia yang juga menjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore.

Guru PAUD di Kota Tidore juga diharapkan Safia, harus terlibat secara terus menerus, dan menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan realitas budaya sosial.

Kepala Dinas Pendidikan Tidore Kepulauan, Zainudin Umasangaji dalam kesempatan tersebut berharap, semua guru PAUD yang mengikuti kegiatan seminar ini nantinya agar menerapkan dan di kembangkan di satuan PAUD masing-masing.”Supaya tidak hanya dengan Full Simulasi pada kegiatan belajar mengajarnya Pendidik memiliki gambaran cara mengajar yang baik dan berkarakter,” kata Zainudin.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua HIMPAUDI Provinsi Maluku Utara Dr. Andi Agustan M.Arifin menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pendidik PAUD dalam mendidik anak usia dini.
“Juga untuk memahami berbagai perubahan yang ada di PAUD, terutama yang berhubungan dengan kebijakan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. sehingga terwujud layanan PAUD yang berkualitas,” jelasnya.

Adapun peserta yang mengikuti seminar pendidikan ini berjumlah 150 orang yang terdiri dari pengurus Himpaudi, Serta tenaga pendidik PAUD di seluruh kecamatan se Kota Tidore.

Turut Hadir Bunda PAUD Kota Tidore Safia Ali Ibrahim, Ketua  Pokja Bunda PAUD Rahmawati Muhammad Sinen, Kepala Dinas Pendidikan Zainudin Umasangaji, Ketua Himpaudi Provinsi Maluku Utara Dr.Andi Agustan M.Arifin, Ketua IGTKI, yang mewakili DWP, Pengurus Himpaudi Kota Tidore, Pengurus Cabang Himpaudi, beserta seluruh Guru PAUD se-Kota Tidore.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker