TP-PKK Kota Tidore Gelar Lomba Masakan Tradisional

Abadikini.com, TIDORE – Ketua TP-PKK Kota Tidore Kepulauan Hj. Safia Ali Ibrahim bersama Ketua I Hj. Rahmawati Muhammad Sinen dan Ketua III Ferawati Abdurahman Arsyad berkesempatan menjadi juri kehormatan pada Lomba Masakan Tradisional (Toko Cuka) yang merupakan rangkaian Idara Ma Munara Ke-II di Lapangan Kelurahan Gurabunga, Rabu (18/10/2023).

Pada sambutan Ketua yang diwakilkan oleh Ketua I TP-PKK Kota Tidore Kepulauan Hj. Rahmawati Muhammad Sinen menyampaikan dengan adanya lomba Masak (Toko Cuka) ini merupakan salah satu bentuk menjaga kearifan lokal Kelurahan Gurabunga yang masih dapat dipertahankan sampai sekarang ini.

“Toko Cuka ini sebagai salah satu makanan tradisonal yang masih terjaga sampai sekarang ini, sehingga anak dan cucu kita kedepan nanti dapat merasakan makanan yang telah diberikan turun temurun oleh nenek moyang kita yang dulu” Ucap Rahmawati.

Rahmawati juga menambahkan dengan telah berkembangannya media sekarang ini cara pembuatan makanan tradisonal ini dapat kita lihat di Youtobe, dan kita juga dapat memberikan Inovasi yang baru.

“Cara pembuatan ini dapat kita lihat juga di Youtobe sesuai dengan perkembangan Zaman sekarang, kita juga dapat meberikan Inovasi atau kreasi yang lain, namun jangan sampai ciri khas dari makanan tradisonal ini sampai hilang” Tambahnya.

Perlombaan Masakan Tradisonal ini diikuti oleh 10 Dasawisma dari Kelurahan Gurabunga dan 1 Perwakilan dari PKK Lada Ake, pada kesempatan ini yang keluar sebagai Juara I yaitu Dasawisma Cempaka dari Kelurahan Gurabunga yang diikuti oleh Ibu Kene Muhammad dan Ibu Maisababu.

Kene Muhammad yang keluar sebagai Juara I ini menyampaikan Makanan Tradisonal Toko Cuka ini biasa dihidangkan pada acara-acara adat dari Kelurahan Gurabunga yang telah disajikan dari zaman nenek moyangnya sampai sekarang ini.

“Makanan ini merupakan makanan yang sering kami hidangkan pada acara adat, yang telah dilakukan dari para nene moyang”.Jelas Kene Muhammad.

Perlombaan ini turut di saksikan oleh Lurah Gurabunga, Ketua TP-PKK Gurabunga, Para Pengurus PKK Kota Tidore Kepulauan, Para Dewan Juri Kehormatan dan Juri dari Chef, dan Seluruh Masyarakat Kelurahan Gurabunga.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker