Ini Dia 7 Penyebab HP Cepat Panas, Simak Cara Mengatasinya!

Abadikini.com – Dewasa ini smartphone menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang dalam memenuhi kegiatannya sehari-hari. Karena bentuknya yang simple dan praktis, membuat smartphone bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Sehingga tak jarang orang yang sering menghabiskan waktunya dengan bermain ponsel. Namun, kamu perlu hati-hati ketika suhu ponsel menjadi panas.

Pasalnya, smartphone yang panas bisa memicu berbagai kerugian yang merusak komponen-komponen di dalamnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu mengetahui berbagai penyebab hp cepat panas guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk cara mengatasinya pun tidak sulit. Berikut penjelasannya yang bisa kamu simak!

 1. Menjalankan Banyak Aplikasi

Tahukah kamu, ternyata banyaknya aplikasi yang digunakan secara bersamaan bisa memicu ponsel menjadi panas. So, sebaiknya perhatikan aplikasi yang sedang kamu jalankan. Jika ada banyak aplikasi yang digunakan, segera tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan supaya suhu ponsel tetap stabil.

2. Baterai HP Mengalami Masalah

Baterai hp yang sudah lama digunakan, kualitasnya akan berkurang. Ini menjadi salah satu pemicu baterai boros atau penyebab hp panas. Kalau baterai ponsel kamu sering panas apalagi dalam waktu yang lama, cobalah untuk ganti baterai baru demi mencegah hp cepat panas sekaligus membuat performa hp tetap optimal.

3. Bermain Game Dalam Waktu yang Lama

Bermain game di hp memang menjadi kegiatan menyenangkan ketika mengisi waktu luang. Namun, bermain game terlalu lama bisa menjadikan hp cepat panas, sebab kinerja GPU pada hp bekerja terlalu keras.

Karenanya, cukup gunakan ponsel secukupnya, lalu beri waktu istirahat sejenak untuk menurunkan suhu panas pada ponsel. Kalau perlu, kamu bisa mengandalkan kipas untuk membuatnya lebih sejuk.

 4. Layar yang Terlalu Terang

 

Kecerahan layar dapat mempengaruhi kinerja perangkat hp dan membuat daya baterai cepat boros. Untuk solusinya, kamu bisa mengaktifkan kecerahan otomatis agar bisa menentukan kecerahan layar di segala situasi guna menjaga suhu hp tetap stabil.

5. Sulit Mendapat Sinyal

Di beberapa tempat biasanya tidak mudah untuk mendapat sinyal ponsel. Sehingga tak jarang orang yang kesulitan mencari sinyal hp saat ingin membuka aplikasi tertentu. Saat hp bekerja terlalu keras untuk mendapatkan sinyal internet, hal itu bisa memicu suhu device menjadi panas.

 6. Kondisi Lingkungan yang Panas

Sinar matahari yang menyengat bisa membuat ponsel cepat panas. Gak hanya itu, berada di ruangan yang pengap dan panas juga akan menjadikan suhu smartphone menjadi panas. Oleh sebab itu, hindari menyimpan atau memainkan smartphone di tempat yang panas demi menghindari kerusakan baterai hp.

7. Memasang Wallpaper Animasi

Menggunakan wallpaper animasi termasuk penyebab suhu hp cepat panas. Pasalnya, layar yang terus bergerak akan membuat kinerja smartphone terus berjalan tanpa henti.

Hal ini juga memicu terjadinya keborosan baterai pada perangkat. Jadi untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menggunakan wallpaper dengan gambar kesukaanmu tanpa berbentuk animasi.

Itudia berbagai penyebab hp cepat panas yang telah kita simak bersama di atas. Dalam mengatasi hp cepat panas, kamu bisa mengurangi kegiatan multitasking, memberikan waktu untuk hp beristirahat, menggunakan charger hp yang original, tidak memainkan hp saat di-charge, serta matikan bluetooth dan GPS saat tidak dibutuhkan. Cara-cara ini bisa membantu suhu hp agar tidak panas.

Buat kalian yang sedang mencari smartphone berkualitas dan aksesoris handphone lainnya, bisa kunjungi Shopee untuk belanja berbagai kebutuhan tersebut! Dapatkan juga banyak promo dan diskon menarik dari Shopee pada kampanye belanja Shopee 12.12 Birthday Sale yang berlangsung sampai tanggal 12 Desember 2021 mendatang.

Di promo puncak Shopee 12.12 Birthday Sale, Shopee akan memberikan banyak promo menguntungkan untuk para penggunannya. Mulai dari promo Tanam Shopeepay 12M, Pasti Diskon 90%, Diskon s/d 90%, Gratis Ongkir Xtra Lebih Banyak, dan masih banyak lainnya. Yuk, tunggu apalagi? Segera cek aplikasi Shopee kamu sekarang juga dan dapatkan produk incaranmu serta promo-promo menariknya!

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker