Terbukti Lakukan Pendanaan Kampanye Ilegal, Eks Presiden Prancis Divonis Satu Tahun Penjara

Sarkozy telah membantah melakukan kesalahan. Dia mengatakan tidak terlibat dalam logistik kampanyenya untuk masa jabatan kedua sebagai presiden atau dalam bagaimana uang dihabiskan selama pemilihan.

“Bisakah Anda bayangkan saya pergi ke pertemuan untuk membahas biaya bendera?” katanya kepada pengadilan pada bulan Juni. “Saya punya terlalu banyak hal lain yang harus dilakukan.”

“Sejak saya diberitahu bahwa semuanya beres, saya tidak punya alasan untuk memikirkannya lebih lanjut,” katanya, dikutip dari Reuters.

Tetapi pengadilan mengatakan Sarkozy telah diberitahu tentang pengeluaran yang berlebihan, bahwa dia tidak menindaklanjutinya, dan dia tidak perlu menyetujui setiap pengeluaran individu.

Beberapa orang lain yang menghadapi dakwaan dinyatakan bersalah atas penipuan dana kampanye dan dijatuhi hukuman hingga 3,5 tahun penjara dan denda besar.

Sarkozy dinyatakan bersalah dalam persidangan terpisah pada Maret karena mencoba menyuap hakim dan menjual pengaruh untuk mendapatkan informasi rahasia dalam penyelidikan yudisial. Dia juga membantah melakukan kesalahan dalam kasus itu.

Mantan presiden dijatuhi hukuman tiga tahun penjara dalam persidangan itu, dua di antaranya ditangguhkan, tetapi belum menghabiskan waktu di penjara, sementara bandingnya tertunda.

Putra seorang ayah imigran Hungaria, Nicolas Sarkozy memulai debutnya dalam politik sebagai wali kota distrik kaya Neuilly di luar pusat kota Paris, sebelum menjabat sebagai menteri keuangan Presiden Jacques Chirac.

Laman sebelumnya 1 2 3 4Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker