PBB Sudah Tetapkan Pasangan Bakal Calon Walikota Tidore Kepulauan

Abadikini.com, TIDORE – Perdebatan alot pengurus Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Tidore mewarnai rapat pleno penetapan Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Tidore Kepulauan, di Markas Cabang PBB Kota Tidore Kepulauan, Sabtu (22/8/2020) kemarin.

Pasalnya, sejumlah peserta pleno menghendaki agar dari tiga pasangan bakal calon yang mendaftar ke PBB diperkecil menjadi dua pasangan saja. Bahkan sempat ada wacana yang berkembang untuk mengusulkan pasangan tunggal ke DPW dan DPP.

“Kita hampir 6 jam untuk mengkaji dan membahas berkas kelengkapan, sebab agenda pleno hari ini (20 Agustus 2020) hanya itu, pembahasan dan penetapan usulan Bakal Calon Paslon ke DPW dan akan dilanjutkan ke DPP.” ujar sekertaris BAPPILU DPC PBB Kota Tidore, Wahyudi Rasyid usai rapat pleno pada pukul 22:35 WIT.

Menurut Rasyid, PBB tidak ingin main-main dalam pengambilan keputusan penting untuk seluruh kepentingan masyarakat Kota Tidore Kepulauan. Sebab partai di masa-masa pemilu ini, merupakan interpretasi dari suara rakyat pada umumnya dan konstituen partai khususnya.

Sehingga tegas Rasyid, maka wajar jika perdebatan di internal PBB menjadi alot dan panjang dalam membahas figur pemimpin yang akan disodorkan PBB kepada rakyat. Tentu mencakup visi misi, ide dan gagasan serta track record masing-masing pasangan bakal calon tersebut.

“Saya pikir di posisi ini, bukan soal seat dan non seat. Tapi soal posisi partai sebagai pranata politik yang menyalurkan ide dan gagasan rakyat. Jadi, seat dan non seat bukan lagi ukuran jika kita bicara soal kepentingan seluruh masyarakat Tidore,” tegas Rasyid.

Ia menambahkan, belum lagi hal teknis seperti sejumlah berkas dikembalikan kepada kandidat yang bersangkutan untuk diperbaiki. Sehingga rapat Pleno PBB molor hampir 2 jam dari waktu yang ditentukan pada pukul 16:00 WIT dan harus skorsing hingga beberapa kali karena hal teknis tersebut.

Terkait hasil rapat pleno, Sekertaris BAPPILU PBB Kota Tikep ini menjelaskan bahwa akhirnya forum rapat pleno bersama-sama menyepakati untuk mengusulkan ketiga pasangan Bakal Calon yang mendaftarkan ke BAPPILU DPC PBB Tikep.

“Intinya bahwa proses di BAPPILU Tikep sudah selesai dan diserahkan ke DPC, untuk dilaporkan ke DPW dan diteruskan ke DPP.” tukasnya.

Sedang terkait figur yang dijagokan oleh DPC Tikep, Sekertaris BAPPILU DPC PBB Tikep ini dengan tegas menyampaikan bahwa PBB Tikep memberikan angka nomerik yang sama kepada semua kandidat. Tentu dengan catatan-catatan sebagai bahan pertimbangan yang ingin disampaikan ke DPW.

“Paslon Pilwako Tikep adalah putra terbaik dari kota Tidore Kepulauan, memiliki track record masing-masing dan visi misi serta punya gagasan yang hebat untuk kota Tidore kedepan. Jadi siapapun yang diputuskan oleh DPP adalah figur terbaik dari yang terbaik.” Pungkasnya.

Sementara, Ketua DPC PBB Kota Tikep, Masriyanto Abd. Samad saat ditanyai terkait hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa, dengan hasil pleno yang sudah ditetapkan itu maka secara otomatis akan menjadi laporan internal Partai antara hirarki organisasi dibawah kepada hirarki organisasi diatasnya.

“Jadi tidak etis bilamana, laporan ini disampaikan ke publik sebelum DPP menetapkan keputusannya. Yang bisa kami sampaikan adalah hasil keputusan malam ini, tiga Pasangan bakal calon sudah ditetapkan sebagai usulan bakal calon yang akan mendapatkan dukungan PBB. Soal kepada siapa dukungan itu, kami akan tunduk pada keputusan partai.” tuturnya.

Menutup pembicaraannya, ketua DPC Kota Tidore Kepulauan mengajak kepada seluruh eleman lapisan PBB, baik itu organisasi underbaur PBB yang resmi sebagai organisasi sayap PBB maupun underbaur diluar partai sebagai lembaga taktis agar menunggu keputusan partai.

“Dengan ini, saya mengajak seluruh kaders, simpatisan dan elemen underbaur PBB agar menunggu hingga keputusan resmi keluar dari DPP.” pungkasnya.

Sebelumnya, tiga Kandidat pasang calon Walikota Tidore Kepulauan silih berganti mendaftarkan diri kepada tim penjaringan DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Tidore untuk merebut dukungan dari Partai besutan pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra.

Sekertaris BAPPILU PBB Kota Tidore Kepulauan, Wahyudi Rasyid mengatakan, bakal calon Salahudin Adrias dan Muhammad Djabir Taha (SALAMAT) yang sudah lebih dahulu mendaftar ke Partai Bulan Bintang.

Kemudian, disusul bakal calon Capt Ali Ibrahim-Muhammad Sinen (AMAN) dan Basri Salama-Muhammad Guntur Alting (BAGUS) kedua paket calon tersebut diwakili TIM Sukses mereka masing-masing pada siang tadi, Jum’at (21/8/2020) juga telah menyerahkan berkas pendaftarannya di sekretariat Partai Bulan Bintang, di Kelurahan Tomagoba.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker