6 Resep Rahasia Shinse yang Terbukti Ampuh Pulihkan China dari Virus Corona

Abadikini.com, BEIJING – Pengobatan Tradisional China (TCM) atau shinse telah memainkan peran penting dalam pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi pneumonia virus corona baru (COVID-19). Angka resmi menunjukkan bahwa 91,6 persen pasien di Wuhan, Provinsi Hubei, dan 92,4 persen pasien di seluruh negeri itu telah diobati dengan TCM.

Menurut Administrasi Negara untuk Pengobatan Tradisional China, tiga resep dan tiga obat telah terbukti efektif dalam mengobati infeksi COVID-19. Berikut daftar enam resep dan obat tersebut yang dikutip dari China Daily, Selasa (24/3/2020).


1. Granul Qinggan Jinhua

Granul Qinggan Jinhua dikembangkan selama pandemi influenza H1N1 2009. Ini terdiri dari 12 komponen herbal termasuk honeysuckle, mint dan licorice. Obat ini dapat menghilangkan panas dari tubuh dan mendetoksifikasi paru-paru.

Obat ini memiliki efek kuratif dalam mengobati pasien dengan gejala ringan dan sedang serta juga dapat meningkatkan tingkat pemulihan limfosit dan sel darah putih serta menurunkan tingkat kondisi yang memburuk.

Eksperimen komparatif menunjukkan pasien yang menggunakan granul Qinggan Jinhua dites negatif untuk virus corona 2,5 hari lebih awal daripada kelompok yang tidak memakainya. Kelompok yang dirawat dengan granul tersebut juga membutuhkan waktu delapan hari untuk menunjukkan peningkatan, sedangkan kelompok lainnya membutuhkan waktu 10,3 hari.


2. Kapul Lianhua Qingwen

Obat Lianhua Qingwen adalah TCM yang sangat umum digunakan untuk pengobatan pilek dan flu. Terdiri dari 13 komponen herbal, ia memiliki efek penyembuhan pada pasien dengan gejala ringan dan membantu meredakan demam, batuk dan kelelahan. Obat ini juga dapat membantu mencegah penyakit memburuk.

3. Injeksi Xuebijing

Suntikan ini dikembangkan dan dipasarkan selama epidemi SARS pada tahun 2003. Ini terdiri dari lima ekstrak herbal, dan fungsi utamanya adalah untuk mendetoksifikasi dan menghilangkan stasis darah. Ini biasanya digunakan untuk mengobati sepsis. Ini efektif dalam menekan sindrom respons inflamasi sistemik yang disebabkan oleh infeksi dalam perawatan pasien yang parah dan sakit kritis, serta memperbaiki fungsi organ yang terganggu.

Studi klinis awal telah menunjukkan injeksi, yang dikombinasikan dengan pengobatan Barat, dapat meningkatkan tingkat kepulangan pasien rumah sakit dan mengurangi tingkat kerusakan penyakit. Penelitian dasar juga menemukan bahwa ia memiliki efek antivirus tertentu secara in vitro yang dapat secara signifikan menghambat faktor-faktor inflamasi yang disebabkan oleh virus corona baru.

Eksperimen komparatif dari 710 kasus yang dilakukan bersama oleh lebih dari 30 rumah sakit menunjukkan injeksi tersebut, yang dikombinasikan dengan perawatan rutin, dapat mengurangi angka kematian pasien parah hingga 8,8 persen dan mempersingkat rawat inap unit perawatan intensif hingga empat hari.

4. Lung Cleansing and Detoxifying Decoction (Rebusan untuk Pembersihan Paru-paru dan Detoksifikasi)

Ramuan pembersihan dan detoksifikasi paru-paru berasal dari beberapa resep klasik dalam buku TCM yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai “Treatise on Cold Damage Diseases” (Shang Han Za Bing Lun), yang ditulis oleh dokter Zhang Zhongjing beberapa waktu sebelum 220 Masehi. Ini memiliki 21 komponen herbal dan terutama efektif dalam mengatasi gejala demam, batuk dan kelelahan serta kondisi paru-paru pada pasien yang parah, seperti yang ditunjukkan oleh CT scan.

Penelitian telah membuktikan bahwa rebusan ini dapat mengatur jalur pensinyalan beberapa sel—karena sel berkomunikasi satu sama lain dengan menerima dan memproses sinyal kimia sebagai respons terhadap perubahan lingkungan—untuk menghambat replikasi virus.

Huang Luqi, presiden China Academy of Chinese Medical Sciences, mengatakan 1.264 pasien di 10 provinsi menerima rebusan ini dan 1.214 telah pulih, yang terhitung 96,1 persen, dan tidak ada kasus yang memburuk.

5. Resep Huashi Baidu

Formula Huashi Baidu adalah resep inti yang dikembangkan oleh tim TCM nasional dari China Academy of Chinese Medical Sciences. Terdiri dari 14 komponen herbal, formula ini berdasarkan rekomendasi dari diagnosis nasional awal dan rencana perawatan serta pengalaman dari praktik klinis di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan.

Kegunaan utamanya adalah untuk detoksifikasi, menghilangkan kelembaban dan panas dari tubuh serta meredakan batuk untuk mencapai keseimbangan tubuh bagian dalam. Ini dapat digunakan untuk merawat pasien dengan kondisi ringan, sedang dan parah.

Resep ini memiliki efek pengobatan komprehensif selama berbagai tahap pneumonia virus corona baru. Ini dapat secara signifikan mempersingkat lama rawat inap dan mengatasi gejala klinis serta kondisi paru-paru seperti yang ditunjukkan oleh CT scan dan pemeriksaan lainnya. Penelitian pada kelinci percobaan menemukan formula ini dapat mengurangi viral load paru hingga 30 persen.

6. Granul Xuanfei Baidu

Granul Xuanfei Baidu, dengan 13 komponen herbal, berasal dari beberapa resep TCM klasik. Ini dapat mendetoksifikasi paru-paru dan membersihkan kelembapan dan panas, dan digunakan untuk mengobati pasien dengan gejala ringan dan sedang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa resep tersebut dapat mempersingkat waktu yang diperlukan untuk menghilangkan gejala klinis dan agar suhu kembali normal. Ini juga dapat secara efektif mencegah pasien dengan gejala ringan serta sedang memburuk.

Sumber Berita
Sindonews

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker