Begini Prosesi Adat Penabalan Masuk Suku Sukiman Bupati Rokan Hulu

Abadikini.com,  ROKAN HULU – Prosesi Penabalan Bupati Rokan Hulu dan Istri, H. Sukiman dan Ibu Hj. Peni Herawati masuk Suku sekaligus pengambilan bapak dan ibu angkat dari keduanya, Sukiman masuk Suku Kandang kopuh dengan ayah angkatnya Ali akbar dan ibu angkatnya ibu Suarni. ,sementara ibu Hj.Peni Herawati masuk Suku Bonuo dengan bapak angkat H.Amri dan ibu angkatnya Ibu Hj. Murniati di Rumah kediaman H.Amri desa rambah tengah hilir kecamatan rambah kabupaten Rokan hulu Riau, Selasa (3/4/2018).

Acara Penabalan masuknya H. Sukiman Dan Ibu Hj. Peni Herawati Sukiman kesalah satu suku diluhak rambah, maka secara otomatis dan resmi keduanya sudah menjadi anak kemanakan Luhak rambah kabupaten Rokan hulu Riau.

Dalam acara Penabalan ini H.Sukiman juga diberi gelar oleh Pucuk suku Luhak rambah terhadap anak kemanakan yang baru diterima sebagai anak kemanakan Luhak rambah dengan gelar Panglimo Pokaso,

H. Sukiman gelar Panglimo Pokaso dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada mamak adat dan seluruh tokoh adat Luhak rambah yang telah Sudi menerimanya sebagai anak kemanakan dari suku Kandang kopuh diluhak rambah.

“Ya saya berterima kasih kepada seluruh tokoh adat Luhak rambah, tuturnya,hal ini karena saya dan keluarga sudah bertempat tinggal di Rokan hulu ini sejak tahun 2004,” katanya.

Tambahnya lagi bahwa dia dan keluarganya sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang ada di Rokan hulu ini yang mengatakan “Dinamo Bumi dipijak Disitu Langit DiJunjung”
tambahnya.

Dan juga lanjutnya,bahwa gelar yang diberikan kepada saya adalah merupakan tanggung jawab yang besar dan penuh dengan rasa kebersamaan sebagaimana yang diamanatkan oleh ketua dan pucuk suku yang ada dirokan hulu negri seribu suku ini pungkasnya.

Dalam acara Penabalan kali juga dilangsungkan pengesahan dan pengangkatan sederetan pengurus pucuk suku Kandang kopuh luhak rambah ,berikut jajaran yang diresmikan oleh Syamsul Bahri gelar Sutan Mahmud yang juga sebagai ketua LKA luhak rambah :Herman Hr SE, sebagai Pucuk Suku Kandang Kopuh Luhak Rambah,H.Symsir J sebagai Sukong, Rusli,Syofyan,Etnis Walisongo Semarang.Pd,Hj.Nurbaiti,H.A.Latif.M.M.Pd, Mukhlis SE, Amrizal,Marzuki,A.Rahmat,Bahari,Masri,Basri,H. Sudirman dan Asmianto,
dan mereka inilah yang disyahkan oleh Sutan Mahmud sebagai panutan dan tuntunan diluhak rambah suku Kandang kopuh,kata Sutan Mahmud.

Tampak hadir dalam acara resepsi Penabalan ini mantan bupati rohul dua periode (H. Ahmad M.Si) yang juga tokoh Riau dan ibu Hj. Magdalisni Ahmad yang juga anggota DPRD Riau dari fraksi partai Demokrat,Ketua LKA Rokan hulu H. Zulyadaini Kapolres Rokan hulu AKBP Yusuf Rahmanto, Kejari Rokan hulu Freddy Daniel S, Ketua Pengadilan Rokan hulu Sarudi SH, para kepala SKPD Setda Rokan hulu,para Camat,para kepala desa dan seluruh tokoh adat Luhak rambah serta tokoh agama ,dan para undangan lainnya.

Reporter Ramlan Lubis
Editor Selly

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker