Perusahaan Sawit Ini Tak Mampu Bayar Upah Buruh, Tiga Unit Alat Berat Disita Sebagai Jaminan

Abadikini.com, ROKAN HULU –  PT. Citra Bumi Agro sebuah perusahaan pabrik kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, dikabarkan tidak beroperasi dalam beberapa bulan terakhir ini dikarenakan tidak mampu membayar gajih karyawanya yang dirumahkan sejak (05/05).

Baca Juga

Tiga unit alat berat milik perusahaan di beri sebagai jaminan upah karyawan yang dirumahkan sejak (05/05). Hal ini sesuai dengan perjanjian dan kesepakatan antara kedua belah pihak tak ada batas kapan dipekerjakan kembali.

Salah seorang karyawan bernama Putra mengatakan, ratusan karyawan di PKS PT CBA sampai saat ini gaji yang mereka harapkan untuk nafkah hidup sehari hari belum juga bisa di cairkan pihak perusahaan.

“Para karyawan atau pekerja meminta jaminan dari pihak pimpinan PKS CBA terkait masalah gaji yang belum terbayar apalagi ditengah tengah muncul pandemi COVID-19 sangat di butuhkan,” kata Putra kepada Abadikini.com, Rabu (6/5/2020).

Mentara Kades Muara Dilam, Zulfikar Shi menyatakan, 3 unit alat Berat milik PKS CBA 1 unit mobil jenis damtruk 1 mobil isuzu dan 1 unit alat berat gleader, diamankan di kantor Desa Muaradilam sebagai jaminan gaji karyawan yang belum terbayar sesuai dengan kesepakatan menager PKS CBA.

“Dalam perjanjian dan kesepakatan antara karyawan dan pihak petinggi PKS CBA tidak ada batas kapan gaji karyawan di bayar dan kapan di pekerjakan kembali , namun alatnya untuk sementara dititipkan ke kantor Desa Muaradilam, yang dibawa langsung oleh pihak PKS CBA sebagai jaminan dan membuat surat kesepakatan dikantor desa muaradilam,” kata Zulfikar.

Menurut Zulfikar, dari informasi yang dia dapatkan dilapangan, bahwa selama ini diduga pabrik PKS CBA sering telat pembayaran gaji karyawan.

“Kami meminta pemilik pabrik agar sudi kiranya memperhatikan nasib karyawan buruh jangan maunya saja, karena tanpa karyawan atau buruh pabrik juga tidak bisa berbuat, jadi saling balance lah,” ujarnya.

Sampai berita ini terbit belum ada pihak PKS CBA yang bisa dikonfirmasi dengan alasan masa pandemi dan kantor tutup.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button