Ketua DPW Partai Bulan Bintang Kaltara: Alhamdulillah, Verifikasi Faktual Berjalan Lancar

Seandainya lima kabupaten/kota dilakukan verifikasi faktual sebenarnya DPC PBB di lima kabupaten/kota sudah sangat siap semua karena memang DPC kita sudah persiapkan administrasi dengan baik dan rapi dan ini juga bisa di konfirmasi ke DPP PBB di Jakarta.

abadikini.com, JAKARTA – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Kalimantan Utara (Kaltara) telah diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara pada hari Selasa (26/12/2017) siang.

Ketua DPW PBB Kaltara Andi Zakaria menerangkan bahwa verifikasi faktual hanya dilakukan pada tingkat provinsi, karena ada lima kabupaten/kota yang telah mengikuti Pemilu 2014 yang lalu.

“Kaltara juga sebenarnyakan diawal inikan dikabarkan terdapat lima kabupaten/kota ikut verifikasi faktual karena KPU menganggap bahwa Kaltara adalah provinsi baru, tetapi lima kabupaten/kota itu sebenarnyakan sudah mengikuti verifikasi faktual di tahun 2014 yang lalu dan dinyatakan lima kabupaten/kota itu telah memenuhi syarat (MS),” ujar Andi saat dihubungi abadikini.com melalui sambungan telepon, Rabu (27/12/2017) siang.

“Dengan keluarnya Keputusan KPU RI Nomor 227 menerangkan bahwa lima kab/kota itu tidak di verifikasi faktual karena PBB Kaltara sudah MS semua,” imbuhnya.

Andi mengaku seandainya lima kabupaten/kota dilakukan verifikasi faktual sebenarnya DPC PBB di lima kabupaten/kota sudah sangat siap semua karena memang DPC kita sudah persiapkan administrasi dengan baik dan rapi dan ini juga bisa di konfirmasi ke DPP PBB di Jakarta.

Terkait dengan verifikasi faktual kemarin, Kata Andi, Dewan Pimpinan Wilayah PBB Kaltara menyurati kepada KPUD Provinsi Kaltara, karena memang tahapannya itu pada tanggal 25-27 Desember 2018 bagi 9 Parpol pasca putusan Bawaslu itu.

“Jadi Alhamdulillah kemarin kita PBB pada jam 11.00 WITA sudah dilakukan verifikasi tentang kesekretariatan, domisili kemudian Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB), kemudian meperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan Alhamdulillah kita bisa penuhi itu semua pada verifikasi faktual kemarin,” ujarnya.

Saat ditanyakan apakah DPW PBB Kaltara sudah dinyatakan memenuhi syarat (MS) atau belum?

“Kan kita bisa melihatlah, artinya disaat pemeriksaan oleh KPU dan Bawaslu bahwa ternyata PBB sudah bagus dan kami bisa menyimpulkan bahwa tidak ada perbaikan lagi,” kata Andi.

“Pengumuman tanggal 28 besok (Kamis) kalau tidak salah dan tanggal 30 Desember – 2 Januari ada perbaikan jika ada sesuatu yang kita ingin perbaiki misalnya keterwakilan perempuan kurang trus KTP, KTA nya ada yang tidak sesuai maka itu bisa diperbaiki,” tandasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kaltara Chairullizza membenarkan bahwa kemarin PBB Kaltara telah melewati tahapan verifikasi faktual.

“Kemarin Partai Bulan Bintang dan hari ini PKPI,” ungkap Chairullizza kepada abadikini.com melalui sambungan telepon, Rabu (27/12/2017) siang.

Sehubungan dengan apa yang dilakukan KPU pada saat verifikasi faktual, kata Chairullizza, verifikasi faktual itukan hanya memastikan kecocokan data, terutama pada tiga hal.

“Pertama terkait dengan kepengurusan yang kedua terkait dengan memperhatikan 30 persen perempuan di dalam kepengurusan dan yang ketiga terkait dengan domisili kantor dan keberadaan kantor itu semua kita cocokkan kebenaranya dan hasilnya akan kita berikan besok Kamis tanggal 28 desember dalam bentuk berita acara. Dan jika ada perbaikan maka akan dilakukan pada masa perbaikan dan KPU akan melakukan verifikasi faktual pada hasil perbaikan dan akan diberikan berita acara hasil perbaikan,” terangnya. (sp.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker