Tonjolan-tonjolan di Samudra Hindia Pengaruhi Periode Gempa Jawa

Pulau Jawa itu cenderung tegak lurus, sedangkan Pulau Sumatera miring. Saat tertabrak lempeng, yang posisinya miring cenderung sensitif bergerak dibandingkan yang tegak lurus.

Sementara itu, Gempa Perairan Selatan Jawa Berpotensi Timbulkan Gelombang Tsunami

Situs Info gempa & Tsunami ini ini mengabarkan guncangan kembali terjadi pada  pukul 23.47:56 WIB dengan kekuatan 7,3 Skala richter. Pusat gempa terjadi berada pada lokasi  8.03LS,108.04BT, dengan kedalaman  105Km

BMKG secara langsung juga menyalakan peringatan dini untuk daerah-daerah Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogjakarta Jawa Tengah.

“Ada potensi Tsunami,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Sabtu.

Dia menjelaskan, lokasi gempa berada di 11 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Selain itu, 45 kilometer Barat Daya Kota Tasikmalaya, 47 kilometer Tenggara Garut, Jawa Barat, 107 kilometer Tenggara Bandung, 226 kilometer Tenggara Jakarta.

Dia menambahkan, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang. “Imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak percaya isu yang tidak bertanggung jawab, tetap ikuti arahan pihak terkait atau BPBD setempat dan jika membutuhkan informasi terkini terkait gempa bumi bisa menghubungi kantor BMKG terdekat,” katanya. (ak/geo/bn)

Laman sebelumnya 1 2

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker