NASA Akan Gunakan Kendaraan Buatan Toyota Untuk Misi ke Bulan

Abadikini.com, JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) telah meneken kerja sama dengan Badan Eksplorasi Kedirgantaraan Jepang atau The Japanese Aerospace Exploration Agency (JAXA) untuk menyediakan kendaraan bagi misi manusia di bulan.

Mengutip Drive Jumat (3/5/2024), kendaraan yang akan digunakan NASA di bulan, yakni Toyota Lunar Cruiser. Kendaraan ini bisa digunakan dengan awak atau tanpa awak di bulan.

Toyota telah bekerja sama dengan JAXA sejak 2019 untuk mengembangkan Lunar Cruiser, dengan bantuan dari Mitsubishi Heavy Industries. Kerja sama ini diharapkan dapat mengirimkan kendaraan pada 2031 sebelum misi Artemis yang akan direncanakan berjalan pada 2032.

Lunar Cruiser merupakan rumah motor listrik dengan kemampuan untuk mempertahankan kehidupan di lingkungan bertekanan, sehingga memungkinkan kru untuk melepas pakaian antariksa mereka hingga satu bulan, termasuk satu malam di bulan atau 14 hari. Kendaraan itu juga bisa membuat kru mengemudi hingga delapan jam setiap hari selama enam hari berturut-turut.

Kendaraan tersebut juga akan memiliki kemampuan mengemudi secara otonom saat menavigasi medan off-road yang sama sekali tidak dikenal, dengan menggunakan LiDAR untuk menghindari kawah dan bebatuan.

Dalam proposal untuk Lunar Cruiser, kendaraan ini akan menggunakan regenerative fuel cells (RFC) untuk membantu menopang kehidupan di dalam kendaraan yang dikombinasikan dengan panel surya.

Meskipun para kru akan berganti, Lunar Cruiser diharapkan memiliki masa operasi sekitar 10 tahun, dengan tujuan untuk melakukan perjalanan 100.000 melintasi permukaan bulan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker