Aplikasi Ini Ternyata Paling Banyak Menghabiskan Kuota Internet

Abadikini.com- Kehabisan kuota internet memang menjadi hal yang menyebalkan. Selain membuat boros keuangan, kadang kali urusan penting jadi tertunda akibat tidak memiliki kuota.

Tahukah Moms bahwa ada aplikasi yang boros dalam hal kuota internet?  Artinya, aplikasi ini bisa jadi penyebab kuota internet kita cepat habis.

Aplikasi apa saja ya?

Dilansir dari HAI Online, terdapat empat aplikasi yang menghabiskan kuota internet. Hal tersebut terungkap dari hasil penelitian terbaru dari tim Opera Max yang dilakukan terhdap jutaan pengguna.

Sebanyak kurang lebih 30% dari keseluruhan penggunaan data digunakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang atau nggak digunakan lagi.

Contohnya seperti Facebook Messenger, Whatsapp, Gmail, Instagram, dan media sosial lainnya menguras paket data seluler saat nggak digunakan tapi bekerja di belakang layar.

Hasil penelitian ini didsarkan pada data agregat statistik anonim di kalangan pengguna Opera Max pada Desember 2015.

Terbukti Facebook Messenger dan Gmail adalah aplikasi yang paling menyedot kuota dengan hampir 73% dari total penggunaan data mereka terjadi di latar belakang atau saat sedang nggak dibuka.

Google Drive dan Whatsapp menunjukan lebih dari 50% penggunaan data latar belakang.

Lantas, mengapa penggunaan data latar belakang menjadi masalah yang cukup serius?

enggunaan data di belakang layar itu seperti lalu lintas internetyang terjadi disaat kita nggak benar-benar menggunakan aplikasi.

Seperti, sinkronisasi email, pengambilan awal iklan, artikel berita meskipun kita nggak membacanya.

“Sebagian besar aplikasi dibuat untuk memberikan pengalaman luar biasa untuk penggunanya, bukan untuk menghemat data,” kata Sergey Lossev, Product Manager di Opera Software.

Surgey juga mengatakan, ternyata selama ini kita membuang seperti Rp30 ribu dari setiap Rp100 ribu yang kita habiskan untuk paket data seluler untuk hal ini. (ak/tribun)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker