Jokowi Ingin TNI Memiliki Alutsista Berteknologi Canggih

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo berbicara mengenai teknologi militer di hadapan pimpinan TNI dan Polri. Jokowi mnengatakan pesawat tanpa awak atau drone pun sudah memiliki daya rusak.

“Sekarang pun kita merasakan bagaimana teknologi drone dipersenjatai bisa mengejar tank, kendaraan militer dan menghabisi dari jarak dekat maupun tidak dekat dan tepat sasaran. Saya lihat peristiwa dalam 2 minggu, 3 minggu kemarin,” ujar Jokowi dalam rapat pimpinan Kemhan-TNI-Polri di Lapangan Bhinneka Tunggal Ika, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya perkembangan teknologi semestinya jadi panduan utama dalam memilih alat utama sistem persenjataan (alutsista). “Hati-hati memilih, frigate (kapal perang) itu perlu, fighter (jet tempur) itu perlu, tapi antisipasi lompatan teknologi militer dalam jangka 20, 30, 50 tahun ke depan,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan soal teknologi militer yang kemudian digunakan untuk masyarakat umum. Sebut saja GPS, handphone, dan drone. dia berharap Indonesia juga bisa menggunakan teknologi seperti itu.

“Dan TNI kita juga harus berani memulai, membangun barang-barang yang tadi saya sebutkan karena semua yang ada di industri bisnis dimulai dari peralatan militer. Entah GPS, HT, Handphone, drone, dimulai dari masuk dunia bisnis. Tapi semuanya dari industri militer. Semua negara, termasuk Indonesia,” ungkapnya..

Jokowi juga bicara soal perkembangan artificial intelligence yang saat ini mewujud dalam teknologi otonomus, serta sensor yang mengarah ke penginderaan jarak jauh. Menurutnya perangkat-perangkat itulah yang harus dikembangkan tentara.

Pengembangan teknologi militer modern seperti itu dimungkinkan karena Kementerian Pertahanan mendapatkan alokasi APBN terbesar sejak 2016 sampai sekarang, Tahun 2020,

“Mereka mendapat uang sebesar Rp127 triliun. Tinggal bagaimana saat ini, uang tersebut, dikalkulasikan semuanya secara detail, efisien, dimulai dari perencanaan dan kemudian dalam pelaksanaan,” ungkapya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker