Trending Topik

Sebut Tak Boleh Lawan Pemerintah Yang Sah, Bahar bin Smith: Yang Saya Lawan Ketidakadilannya

Abadikini.com, JAKARTA – Pendakwah Habib Bahar bin Smith alias Bahar Smith belum lama ini menyampaikan pendapatnya terkait pemerintahan sekarang ini.

Sebagai pendakwah yang pernah mengenyam ilmu agama di pesantren, Bahar Smith menyadari betul bahwa tidak boleh melawan pemerintah yang sah.

Bahkan Bahar Smith menyatakan dalam Islam pun tidak diperbolehkan umat Muslim melawan pemerintah yang sah.

“Saya ini, kita ini mondok, kita ngerti tidak boleh melawan pemerintah yang sah, ndak boleh. Dalam Islam tidak boleh mengajarkan ‘pemerintah yang sah dilawan’ nggak boleh,” ucap Bahar Smith seperti dikutip dari kanal YouTube Refly Harun pada Rabu, (1/12/2021).

Bahar Smith lantas menjelaskan bahwa yang ia lawan adalah ketidakadilan dari pemerintah, bukan pemerintahannya.

Kemudian hal lain yang ia lawan juga adalah kezaliman dari pemerintahannya melalui kebijakan-kebijakan yang menyusahkan rakyat.

“Yang kita lawan ini ketidakadilannya, kezalimannya, kemunkarannya, bukan pemerintahnya,” ujarnya.

Sebab menurutnya, rusaknya suatu negara dan rakyat terjadi karena ulah pemerintah, dan rusaknya pemerintah karena para ulama yang membiarkan kezaliman dilakukan.

Lalu para ulama tersebut, lanjut dia, juga membiarkan pemerintah memberlakukan kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat sehingga menyengsarakan rakyat.

“Karena banyak ulama yang meninggalkan nasihat kepada pemerintah tersebut, kezalimannya dibiarkan, kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat, kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada asing, kebijakan-kebijakan yang menyengsarakan rakyat, dibiarkan sama ulamanya, sehingga rusaklah,” tutur Bahar Smith menjelaskan.

Selain itu, Bahar Smith juga mengaku tak masalah jika harus dipenjara selama yang ia perjuangkan adalah untuk bangsa dan rakyat.

Sebab selama ini yang disampaikan olehnya dalam ceramah-ceramahnya selalu bertujuan untuk membela rakyat-rakyat yang kesusahan.

“Ana Bahar bin Smith, jangankan dipenjara, demi bangsa Bang Refly selama ini saya ceramah apa sih? yang saya bela rakyat, rakyat yang susah, rakyat yang miskin,” ucapnya.

Diketahui sebelumnya, Habib Bahar bin Ali bin Smith merupakan salah satu pendakwah atau ulama yang baru saja bebas dari hukuman penjara.

Bahar Smith diketahui telah menjalani vonis penjara selama tiga bulan akibat kasus penganiayaan terhadap sopir taksi yang terjadi pada tahun 2018 silam. (*)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker