Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Tanggal 28 Juni 2023

Abadikini.com, JAKARTA – Mahkamah Agung Arab Saudi pada hari Minggu (18/6/2023) mengumumkan, hari raya  Idul Adha jatuh pada Rabu 28 Juni 2023.

Sedangkan hari Senin, 19 Juni menandai hari pertama Zulhijah, setelah melihat tanda-tada bulan sabit.

”Hari Arafah jatuh pada Selasa, 27 Juni, sedangkan Rabu, 28 Juni, akan menjadi hari pertama Iduladha,” menurut pernyataan Mahkamah Agung Saudi yang disiarkan oleh Saudi Press Agency (SPA).

Selain Arab Saudi, Kementerian Awqaf dan Agama di Oman secara resmi juga telah mengumumkan bahwa Iduladha akan dimulai pada Rabu, 28 Juni 2023. Penampakan bulan Zulhijah tahun 1444 H telah dikonfirmasi, Kantor Berita Oman.

Umat Muslim melakukan ibadah haji tahunan selama bulan Islam Zulhijah yang berpuncak pada perayaan Iduladha pada hari ke 10 ritual haji. Ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Zulhijah dan berlangsung hingga tanggal 13 bulan tersebut.

Idul Adha, atau hari raya kurban, adalah salah satu hari raya Islam terpenting yang diamati oleh umat Islam di seluruh dunia.

Festival ini memperingati kesediaan nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya sebagai tindakan ketaatan kepada Allah SWT. Menurut narasi agama, Allah SWT turun tangan di saat-saat terakhir dan menyediakan seekor domba jantan untuk dikorbankan sebagai pengganti putra Ibrahim.

Iduladha adalah puncak dari Haji, ziarah tahunan ke Mekkah, yang merupakan salah satu dari Lima Rukun Islam.

Perayaan Idul Adha ditandai dengan salat berama di lapangan dan masjid, kemudian diikuti penyembelihan hewan kurban untuk dibagikan dalam tiga bagian. Satu bagian untuk keluarga, satu bagian untuk kerabat dan teman, dan satu bagian untuk fakir miskin.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker