Group Pidato Adat Sarangkuah Dayuang Terima SK dari Wali Nagari Muaro Paneh

Abadikini.com, SOLOK – Wali Nagari Muaro Paneh menerbitkan Surat Keputusan Nomor 44 Tahun 2023 Tengang Penetapan Pengurus Group Pidato Adat Sarangkuah Dayuang tanggal 17 April 2023. SK itu kemudian diserahkan kepada Zufri Datuak Rajo Indo selaku Ketua Group Pidato Adat tersebut.

Sejumlah nama diangkat sebagai Pengurus Group Pidato Adat Sarangkuah Dayuang, antara lain ada nama Risko M. Rajo Lelo., S.H., N. Rajo Bangkeh, A. Rajo Kaciek, M. Nasir Malin Parmato, E. St. Pamenan, E. Ancak Sutan, K.F. Mantari Nyalo, D. Dubalang Basa, H. R. Intan Batuah.

Risko M. Rajo Lelo., SH yang dipercaya oleh kawan-kawannya selaku Sekretaris Group Pidato Adat Sarangkuah Dayuang kepada media ini mengatakan kalau group itu tidak hanya akan mendaftarkan diri sebagai lembaga non formal kepada Pemerintah, tetapi juga akan mendaftarkan diri kepada Kerapatan Adat Nagari Muaro Paneh.

“Iya, kami juga akan ajukan permohonan SK pada Kerapatan Adat Nagari Muaro Paneh. Berkasnya sudah kami susun dan kini ada pada Ketua (Zufri Datuak Rajo Indo,-red), hal itu perlu kami lakukan supaya group ini tak hanya mendapat pengakuan dari Pemerintah tapi juga dari lembaga adat,”terang Risko M. Rajo Lelo, SH yang juga berprofesi sebagai Advokat tersebut.

Sementara itu, Nofriyandi Rajo Bangkeh selaku Wakil Ketua Group Pidato Adat Sarangkuah Dayuang ketika dikonfirmasi menguatkan pernyataan sekretarisnya. Kata dia, sebagai sebuah lembaga non formal yang bergerak dibidang adat sangat perlu untuk mendapat pengakuan dari lembaga adat.

Kemudian, dia juga menghimbau kepada segenap anak nagari di Muaro Paneh untuk ikut bergabung dalam latihan Pidato Adat di Balai Pinang, tempat domisili Group Pidato Adat Sarangkuah Dayuang tersebut.

“Kami himbau kepada segenap generasi muda untuk ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian nilai-nilai adat di nagari. Selain itu kami berharap kepada  Mamak yang memiliki kamanakan untuk mengantarkan Kamanakannya  ke Group Pidato Adat Sarangkuah Dayuang guna belajar bersama,” demikian diungkapkan oleh Nofriyandi Rajo Bangkeh yang dihubungi lewat telpon, Selasa 2 Mei 2023.

Menurutnya, peran mamak dan niniak  mamak untuk mengajak anak kamanakan belajar pidato adat sangatlah besar. Sebab, ujar dia, lingkungan keluarga merupakan lingkungan terdekat dari anak kamanakan. Dia menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan latihan dirinya bersama pengurus yang ada akan mencoba berkomunikasi dengan semua elemen masyarakat dikampung halaman maupun dirantau.

“Kita perlu dukungan dari masyarakat, baik yang dikampung ataupun rantau, baik dari segi moril maupun materil,” pungkas Rajo Bangkeh.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker