Bupati Ruksamin Luncurkan Tim URC KISS Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting

Abadikini.com, KENDARI – Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara Ruksamin dampingi Forkopimda dan para Kepala OPD terkait meluncurkan Tim Unit Reaksi Cepat Penanganan Kemiskinan Ekstrem, Inflasi dan Stunting di daerah tersebut.

Bupati Konawe Utara Ruksamin di Konawe Utara mengatakan, upaya penghapusan kemiskinan ektrem, inflasi dan juga stunting merujuk intruksi Kemendagri yang memang menjadi prioritas Pemerintah Indonesia.

“Hari ini kita melakukan sebuah inovasi peluncuran URC-KISS secara selaras bersamaan kita lakukan. Kita menuju titik yang sudah ada siapa yang kena stunting, siapa yang kena kemiskinan ekstrem. Kita bawakan berbagai jenis bahan dari sosial, BKKBN, Dinkes untuk melalukan penanganan,” katanya.

Ruksamin sebagai orang nomor 1 di Kabupaten Konawe Utara merespon dengan cepat arahan tersebut sehingga masalah prioritas ini tidak sampai terjadi di daerahnya meskipun angka kemiskinan, inflasi dan stunting belum sepenuhnya hilang dari daerah tersebut.

“Insya Allah optimis tahun 2024 kemiskinan ekstrem terhapus dari Konawe Utara,” kata Ruksamin.

Setelah membuka secara resmi Program TIM URC KISS Bupati Konawe Utara bertolak ke rumah warga yang berlokasi di Desa Lomondowo dan Lahimbua dengan menggunakan motor trail didampingi aparat keamanan.

Setelah Bupati sampa di lokasi tersebut Bupati Konawe disambut oleh antusiasme warga karena di kunjungi langsung oleh orang nomor satu tersebut.

Setelah Bupati sampai di rumah warga yang anaknya terindikasi terkena stunting Bupati Konut menyampaikan bahwa pihaknya sebagai pemerintah daerah sangat serius dalam mengatasi masalah tersebut.

“Jangan ada anak di Konawe Utara yang terindikasi stunting karena kurang bahan makanan kalo ada kekurangan segera laporkan ke pemerintah daerah kami akan turun tangan langsung menyelesaikan masalah tersebut,” ujar politisi Partai Bulan Bintang itu.

Setelah menerima keluhan warga Bupati memberikan bantuan sembako dan juga daging segar kepada masyarakat yang sudah di data sebelumnya.

“Hari ini secara simbolis kami serahkan bantuan kepada empat kepala keluarga namun tidak sampai di sini bagi masyarakat yang sudah didata akan diberikan bantuan secara bertahap sampai semua yang sudah didata mendapatkan haknya,” tambahnya.

Setelah pemberian bantuan selesai Bupati Konut bertolak ke lapangan Kantor Bupati untuk melanjutkan kegiatan pasar murah yang diadakan oleh Dinas Perindag untuk menekan angka inflasi di Kabupaten Konawe Utara.

“Kami sangat senang di kunjungi langsung oleh Bupati Konut Bapak H. Ruksamin karena beliau langsung bertatap muka dengan kami dan mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat setempat jarang ada bupati seperti ini bisa bertatap muka secara langsung ujar salah seorang warga yang berada di lokasi penanganan kemiskinan ekstrem,” kata seorang warga. (Antara)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker