Zelenskyy Desak Barat Tambah Kiriman Senjata Untuk Ukraina

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meminta para pemimpin negara-negara Barat yang sedang berkumpul di Latvia, termasuk Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, untuk memasok beragam sistem persenjataan.

“Saya mohon Anda meningkatkan kemungkinan memasok sistem pertahanan udara bagi negara kami, dan membantu mitra-mitra kita mempercepat pengambilan keputusan terkait,” kata Zelenskyy Senin (19/12/2022).

Permintaan itu dia sampaikan kepada Sunak saat Zelenskyy berpidato melalui saluran video kepada para pemimpin pada pertemuan mereka di Riga, ibu kota Latvia.

Pertemuan itu dihadiri oleh pemimpin negara-negara anggota Joint Expeditionary Force, kelompok negara yang dipimpin Inggris dan dibentuk untuk secara cepat menangani krisis di Eropa Utara.

Joint Expeditionary Force beranggotakan Denmark, Estonia, Finlandia, Islandia, Latvia, Lithuani, Belanda, Norwegia, dan Swedia.

Negara-negara Barat yang dipimpin Amerika Serikat telah memberikan bantuan kepada Ukraina berupa pendanaan, pelatihan militer, serta pengiriman sistem pertahanan udara dan berbagai persenjataan lainnya.

Namun, pemerintah Ukraina mengatakan masih memerlukan banyak bantuan untuk menopang perlawanannya terhadap Rusia.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker