Walikota Tidore Ali Ibrahim Dukung Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022

Abadikini.com, TIDORE – Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim turut mendukung serta ikut menyukseskan kegiatan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) Tahun 2022 yang berlangsung dari tanggal 15 Oktober s/d 14 November 2022, hal tersebut diungkapkannya saat menerima Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Oki Rizal bersama petugas pendataan dari BPS Kota Tidore Kepulauan, di ruang kerjanya, Senin (17/10/2022).

Pengembangan Regsosek merupakan arahan Presiden RI Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2022, upaya ini dilakukan dalam rangka Reformasi Sistem Perlindungan Sosial. Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti Pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

“Pendataan Regsosek ini salah satunya kita manfaatkan untuk mendorong pemberian bantuan anggaran berbasis kinerja, saya harap hasil pendataan ini juga diberikan kepada kami selaku Pemerintah Daerah dalam bentuk by name by addres, agar kedepannya pada saat pemberian/penyaluran bantuan sosial, ataupun permasalah di aspek lainnya dapat ditangani oleh Pemerintah Daerah dengan tepat sasaran, terutama penduduk yang masuk kategori kemiskinan ekstrim,” Tutur Ali Ibrahim.

Lebih lanjut, Ali Ibrahim mengatakan, untuk mengetas kemiskinan di Kota Tidore Kepulauan, salah satunya yaitu pemberian bantuan anggaran berbasis kinerja, misalkan seperti petani dan nelayan, apa saja yang menjadi kebutuhan mereka akan diberi bantuan sesuai data, kemudian bantuan tersebut akan dipakai agar dapat memberikan pemasukan bagi mereka kedepannya.

Pendataan awal Regsosek akan dilakukan oleh BPS, yang menyasar seluruh penduduk Indonesia dengan pendekatan Keluarga, adapun informasi yang dikumpulkan pada pendataan ini meliputi, kondisi sosioekonomi geografis, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, kondisi sanitasi air bersih, informasi kependudukan, informasi geospasial, lansia, ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker