Pakar Ungkap Pemicu Lubang Misterius Bandung Barat

Abadikini.com, JAKARTA – Fenomena lubang misterius atau sinkhole di Cikalongwetan, Bandung Barat, Jawa Barat, diprediksi sebagai efek aktivitas warga yang kian banyak menghuni daerah pegunungan kapur.

“Ada tanah yang amblas kemudian dari bentuknya yang bulat itu tipikal sinkhole. Muncul karena erosi dan drainase air bawah tanah,” kata Pakar Geodesi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andreas, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/6).

“Itu pun biasanya terjadi di daerah yang di atasnya ada pemukiman, biasanya terjadi karena ada aktivitas manusianya, seperti pemukiman atau pertanian,” lanjutnya.

Ia menjelaskan sinkhole terjadi akibat gerusan air di bawah tanah terhadap lapisan kapur yang kemudian menyebabkan rongga. Untuk di Jawa Barat, menurutnya lapisan kapur itu kerap ditemui di pegunungan hingga pesisir pantai.

“Mencari lapisan kapur di bawah itu cukup mahal, sehingga belum banyak orang yang sampai mengantisipasi itu,” ujarnya.

“Kalau di China dan Malaysia, setelah ketemu sinkhole dan merusak satu dua rumah, upaya penanganannya itu sampai membuat coran semen sampai ke bawahnya,” tambahnya.

Sejauh ini, warga kampung Cigondok, Desa Mandalamukti, Bandung Barat, sudah menguruk lubang itu. “Sekarang sudah ditutup lagi dengan cara diuruk menggunakan tanah,” kata Ketua RT Ceceng Hidayat, Rabu (1/6).

Heri tak mempermasalahkan tindakan warga itu. “Kalau di beberapa negara yang teknologinya sudah maju, biasanya sinkhole itu diinjeksi lubangnya. Tapi di kita kan rata-rata diuruk dan itu langkah tepat juga”.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker