Trending Topik

Sosok Islam Makhachev Disebut Bakal Menjadi Penerus Khabib di UFC

Abadikini.com, JAKARTA – Sosok Islam Makhachev disebut memiliki kualitas menjadi penerus Khabib Nurmagomemdov di Ultimate Fighting Championship (UFC).

Mengutip dari CNN Indonesia, Senin (9/11/2020), Islam Makhachev dan Khabib mempunyai sejumlah kemiripan. Faktor-faktor itu yang dianggap akan jadi modal untuk berprestasi di UFC.

Islam Makhachev dan Khabib diketahui sama-sama lahir di Dagestan dan mengawali karier dari sambo. Keduanya juga tampil di kelas ringan UFC.

Sebelum gabung UFC pada Oktober 2014 silam, Islam Makhachev memenangi 11 pertarungan MMA secara beruntun, dengan 6 kemenangan di antaranya terjadi lewat submission, 2 kemenangan KO/TKO, sedangkan sisanya menang angka.

Petarung 26 tahun itu mengawali karier di UFC dengan apik. Dalam debutnya di UFC 187, Islam Makhachev menang kuncian dengan rear naked choke atas Leo Kuntz di ronde kedua, Mei 2015.

Akan tetapi, performa apik Islam Makhachev di UFC tidak berlanjut di pertarungan kedua. Sepupu yang juga teman kecil Khabib itu kalah KO lewat pukulan dari Adriano Martins di ronde pertama UFC 192, Oktober 2015 lalu.

Sejak kekalahan itu, pencapaian Islam Makhachev mengalami peningkatan. Akhirnya Islam Makhachev tidak kalah dalam 6 duel berikutnya, dengan rincian 4 kemenangan angka, 1 submission, dan 1 lainnya kemenangan KO.

Di sepanjang kariernya, Islam Makhachev gemar menggunakan kuncian armbar guna memenangi pertarungan. Tercatat ia tiga kali menang dengan kuncian armbar (1 di antaranya di UFC).

Selebihnya, kemenangan kuncian Islam Makhachev terdiri dari triangle choke yang digunakan Khabib mengalahkan Gaethje, rear naked choke, dan inverted triangle choke.

Catatan apiknya itu membuat Islam Makhachev layak disebut sebagai penerus Khabib dan diprediksi bakal sukses di UFC.

Khabib Nurmagomedov sendiri saat ini dalam masa pensiun usai UFC 254 setelah mengalahkan Justin Gaethje.

Mendiang ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, merupakan salah satu yang yakin Islam Makhachev akan berjaya di UFC.

“Saya pikir Islam bisa mengalahkan siapa pun. Dia lebih muda, lebih lapar, dan dia harus menggantikan posisi Khabib. Dengan cara itu, saya memperkuat kemampuan pembinaan saya. Jadi Khabib pensiun dan juara lain muncul, yang juga murid saya,” ucap Abdulmanap dikutip dari Sportkeeda.

Khabib juga mengakui bakal jadi petarung hebat di UFC. Usai pensiun, The Eagle menyebut banyak petarung UFC tidak ingin berduel dengan Islam Makhachev.

“Saya pikir, karena betapa berbahayanya dia di octagon dan karena peringkatnya, banyak petarung di lima besar, enam besar, tujuh besar, tidak ingin melawan dia, karena itu akan jadi risiko bagi mereka,” kata Khabib seperti dikutip dari Essentially Sports.

“Saat ini posisi Islam sangat sulit, setelah satu atau dua pertarungan, semuanya akan berubah, banyak orang akan menginginkan pertarungan ini setelah satu tahun,” tutur Khabib menambahkan.

Baca Juga

Back to top button