Virus Corona Kacaukan Sejumlah Kejuaraan di Cina

Abadikini.com, JAKARTA – Wabah virus Corona terus melebar dan melanda sejumlah kawasan di China dan semakin mengkhawatirkan. Tercatat sudah 6000 orang terinfeksi dan 132 menjadi korban jiwa akibat virus Corona.

Wabah virus Corona juga menyebabkan sejumlah agenda olahraga dibatalkan. Setelah kualifikasi tinju Olimpiade 2020, kini giliran Kejuaraan Dunia Atletik Indoor terkena imbasnya. Seperti dilansir The Sun, event yang seharusnya berlangsung di Nanjing mulai 13 Maret 2020 itu resmi ditunda selama setahun.

Virus ini juga mempengaruhi dunia Formula 1,  dua ajang motorsport berstatus kejuaraan dunia terancam batal di China pada tahun 2020.  Pertama adalah lomba putaran keempat Formula 1 (F1) 2020 yang berlangsung di Sirkuit Shanghai, 19 April. Kedua, lomba putaran keenam Formula E bertajuk Sanya ePrix di Sirkuit Jalan Raya Haitang Bay, 21 Maret.

Federasi Balap Motor dan Mobil China (CAMF) sendiri telah mengumumkan penundaan semua agenda dan aktivitas olahraga balap di China dengan alasan virus Corona.

Mengingat begitu padatnya kalender balap F1 maupun Formula E sehingga hampir tidak mungkin untuk dijadwal ulang, bukan tidak mungkin dua lomba di atas bisa dibatalkan. Kalender olahraga Cina pada 2020 menjadi kacau balau.

Dilansir dari AFP Sport, berikut event-event yang sudah terdampak dan yang berpotensi terancam wabah VIrus Corona

1. Sepak bola: Cina pada Kamis ini menangguhkan semua sepak bola domestik dan menunda tanpa batas musim Super Liga China yang semula akan dimulai pada 22 Februari untuk “melaksanakan pencegahan dan mengendalikan wabah pneumonia,” kata Asosiasi Sepak Bola Cina.

2 Atletik: Kejuaraan Dunia Indoor, dijadwalkan di Nanjing pada 13-15 Maret, ditunda setahun. “Dengan menyesal kami telah menyetujui bersama penyelenggara … untuk menunda event tersebut hingga Maret 2021,” kata pernyataan induk organisasi olahraga tersebut, Rabu.

3 Sepak bola: Konfederasi Sepak Bola Asia pada Rabu mengumumkan bahwa pertandingan kandang babak grup Liga Champions yang diikuti empat klub Cina akan dipindah ke laga tandang pada tiga hari pertama pertandingan pada Februari dan Maret. Keputusan untuk venue bagi tiga pertandingan kandang grup setiap klub akan ditentukan belakangan.

4 Sepak bola putri: Satu event pertandingan kualifikasi Olimpiade putri antara Cina, Taiwan, Thailand dan Australia yang dijadwalkan pada 3-9 Februari di Wuhan, pusat penyakit tersebut, dipindah awalnya ke Nanjing kemudian ke Sydney. Tim sepak bola putri Cina dikarantina di sebuah hotel di Brisbane para Rabu setelah tiba di Australia untuk mengikuti turnamen tersebut.

5 Tinju: Event kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo 2020 yang semula dijadwalkan pada 3-14 Februari di Wuhan dijadwal ulang untuk digelar di Amman Jordania pada 3-11 Maret.

6 Bola basket putri: Turnamen kualifikasi Olimpiade lainnya, pertarungan antara empat tim untuk meraih tiga tempat di Tokyo antara Cina, Britania Raya, Spanyol dan Korea Selatan dipindah pada Senin dari Foshan, di selatan Cina, ke Belgrade yang akan dilaksanakan bersama grup empat tim lainnya pada 6-9 Februari.

7 Akuatik: Seri Loncat Indah Dunia yang digelar di Cina, yang dijadwalkan 7-9 Maret di Beijing, “telah dibatalkan,” kata presiden federasi renang internasional Cornel Marculescu, kepada AFP, Senin. Ia mengatakan Seri Dunia untuk renang sinkronisasi, dijadwalkan digelar di Suzhou pada 23-25 April, juga dipertanyakan.

8 Balap sepeda: Tour of Hainan, yang dipromosikan sebagai ProSeries tier kedua tahun ini pada 23 Februari hingga 1 Maret di Hainan. Event tersebut sudah dibatalkan “karena situasi kesehatan di negara tersebut,” kata Persatuan Bersepeda Internasional (ICU), Senin, namun mungkin dijadwal ulang belakangan pada 2020.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close