Lakukan Olahraga Berikut Ini Bisa Turunkan Gula Darah

Abadikini.com, JAKARTA – Hyperglikema adalah kondisi di mana kadar glukosa di dalam darah mengalami kenaikan. Kondisi ini biasanya dialami oleh penderita diabates, atau mereka yang tengah mengalami stres, kurang berolahraga, atau terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat.

Ketika glukosa dalam darah naik, tubuh kita bisa mengalami beberapa gejala seperti kesemutan, susah konsentrasi, sakit kepala, nyeri perut, mudah merasa lelah, juga mudah mengantuk.

Jika kondisi ini tak diatasi, dan bahkan sering terjadi, maka bisa mengarah ke berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya. Untuk menurunkan gula darah yang tinggi, berolahragalah secara teratur dan imbangi dengan pola diet seimbang.

Melansir dari Times of India, berikut ini jenis olahraga yang cocok digunakan menurunkan gula darah tinggi:

1. Berjalan Kaki
Berjalan kaki di sini tak perlu waktu lama. Cukup sekitar 20 hingga 30 menit setiap hari, maka Anda sudah bisa mengontrol gula darah dengan baik. Ketika berjalan kaki, detak jantung akan berdetak lebih kencang dan napas akan menjadi lebih berat. Otot pun akan menggunakan glukosa dalam darah lebih banyak untuk mendukung kondisi tubuh ini. Imbasnya, glukosa dalam darah pun akan semakin turun.

2. Angkat Beban
Olahraga angkat beban bisa membentuk massa otot. Dan membentuk massa otot, tubuh perlu membakar kalori lebih banyak. Imbasnya, gula darah pun akan terkontrol dengan baik, tak akan melaju tinggi lagi dan membahayakan tubuh.

3. Bersepeda
Beberapa penderita diabetes atau gula darah tinggi juga menderita nyeri sendi atau arthritis. Nah dengan bersepeda secara rutin setiap hari, selain kita bisa menurunkan gula darah, kita juga bisa melatih sendi-sendi tubuh untuk terus bergerak. Efek jangka panjangnya sendi akan selalu sehat dan tak mudah nyeri.

4. Berenang
Efek dari berenang hampir sama dengan bersepeda. Selain membakar kalori, berenang juga bisa melatih persendian sehingga kita tak mudah terkena arthritis.

5. Pilates
Selain meningkatkan kekuatan dan keseimbangan, pilates juga bisa digunakan memperbaiki kadar gula dalam darah. Gerakan-gerakan dalam pilates memicu tubuh membakar kalori lebih banyak

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker