Mourinho: Messi Harus Dikurung di ‘Kandang’

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho menilai Lionel Messi tidak akan bisa ditahan jika tim lawan mengandalkan strategi one on one untuk menjaga sang bintang asal Argentina tersebut. Tim lawan harus menciptakan ‘kandang’ untuk membatasi pergerakannya.

Meski akan menginjak 32 tahun pada Juni mendatang, Messi sama sekali belum kehilangan kualitasnya. Ia masih jadi bomber tersubur di Eropa saat ini. Bukti terakhir ada pada laga lawan Manchester United saat Messi mencetak dua gol dan membawa Barcelona menang 3-0 pada leg kedua perempat final Liga Champions.

Melihat penampilan Messi saat menghadapi Manchester United, Mourinho menilai mantan timnya melakukan kesalahan dengan tidak menempatkan zona yang bisa mengurung Messi.

“Pada laga pertama, Manchester United bisa menerapkan zona dengan baik, namun di laga ini mereka melakukan pendekatan yang berbeda.”

“Di depan garis pertahanan, hanya ada Fred. Itu adalah area saat Messi bisa mendapat bola. Ketika Messi mendapat bola dan dijaga satu orang, maka tim lawan akan mati,” ucap Mourinho dikutip dari Sport Review via CNN.

Bagi Mourinho, permainan Messi memang terlihat sederhana dan mudah dilihat, namun tidak akan gampang untuk diredam.

“Itulah mengapa saya tidak pernah menyukai strategi penjagaan one on one [satu lawan satu] menghadapi Messi. Tim lawan harus membuat ‘kandang’ untuk Messi,” tutur Mourinho.

Namun menempatkan zona pemain yang bisa mengurung Messi pun tidak semudah rencana yang disusun sebelum laga berlangsung.”

“Posisi Messi mudah dipahami namun tidak mudah untuk menciptakan ‘kandang’ untuk mengontrol pergerakannya.”

“Dia datang dari sisi kanan, kemudian tetap di tengah lapangan, lalu Ivan Rakitic bergerak ke kanan dan membuat Messi bisa tetap bertahan di tengah. Hal ini sangat sulit [diredam],” ucap Mourinho.

Barcelona berpeluang besar meraih treble musim ini. Mereka sudah unggul jauh di La Liga dan telah berada di final La Liga. Di Liga Champions, Barcelona bakal menghadapi Liverpool di babak semifinal.

Editor
Novel D

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker